Mentan Minta Pemda Serius Antisipasi Krisis Pangan Dunia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman meminta pemerintah daerah (pemda) yang ada di seluruh wilayah Indonesia untuk menaruh perhatian lebih ke sektor pertanian, guna mengantisipasi ancaman krisis pangan dunia.

Hal itu disampaikan Mentan Amran saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbangtannas) 2024 pada Selasa, 25 Juni 2024.

Dia menekankan, bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang sangat vital, karena menyangkut masalah pangan yang penting bagi kehidupan seluruh insan manusia.

“Jika pertanian bermasalah, dunia bisa bermasalah,” kata Amran dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (26/6).

Amran dalam kesempatan itu juga berpesan, pertama adalah memastikan agar program pompanisasi atau penyaluran sumber air untuk sektor pertanian dapat berjalan dengan baik.

Sebab baginya, pompanisasi menjadi solusi cepat dalam meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan jumlah produksi padi di tengah ancaman El Nino.

Untuk itu, dia juga meminta Dinas Pertanian di seluruh wilayah, baik tingkat provinsi maupun kota/kabupaten untuk turun ke lapangan guna memastikan ketersediaan sumber daya air.

“Kedua, optimalisasi lahan rawa (OPLA) harus dikejar. Dan ketiga, fokus pada pengembangan padi gogo,” ujarnya pula.

Ia menjelaskan, optimalisasi lahan rawa merupakan program Kementan untuk memanfaatkan lahan rawa untuk pertanian, sementara padi gogo adalah varietas padi yang tahan ditanam di lahan kering.

Mentan menegaskan, bahwa sinergitas dalam pembangunan sektor pertanian adalah hal yang penting untuk dilakukan, demi mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Kami tidak bisa melakukan apa-apa, kita harus kuat bersama. Jika kadis kabupaten dan provinsi bersatu, kita akan mengguncang dunia dan mencapai mimpi bersama menjadi lumbung pangan dunia,” pungkas Amran.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Wamentan Sudaryono Siap Dukung Penuh Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mendorong jajaran kerja di lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendukung penuh upaya swasembada.

Hari Pertama Kerja, Wamentan Sudaryono Langsung Ngegas Soroti Pupuk Subsidi

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono langsung menyoroti permasalahan dalam penyaluran pupuk subsidi di hari pertamanya bekerja sebagai pendamping Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman.

KPK Ajukan Banding Vonis Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak terima atas vonis majelis hakim terhadap vonis mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Lembaga antikorupsi lantas mengajukan upaya hukum banding atas vonis penjara pemerasan dan penerimaan gratifikasi yang menjerat Syahrul Yasin Limpo. 

Dukung Ketahanan Pangan, Pangdam Cenderawasih dan Kementan Bagikan Alat Tani

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman beserta rombongan dalam rangka penanaman perdana dan optimalisasi lahan sawah seluas 40.000 Ha.

Hakim Perkuat Anak, Cucu, Keluarga Eks Mentan SYL Nikmati Hasil Korupsi dalam Vonis

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini dan menguatkan jika keluarga mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) turut menikmati hasil...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

Arteta Tekankan Arsenal Butuh Upgrade!

Arsenal dalam dua musim terakhir ini menjelma jadi tim yang paling dekat dalam perebutan gelar juara, meski pada akhirnya Manchester City yang berhasil merebut supermasi tertinggi tersebut. Manajer Mikel Arteta pun menekankan bahwa The Gunners memang butuh upgrade untuk bisa bersaing kembali dalam perebutan trofi tersebut.