Minggu, 29 September 2024
Minggu, 29 September 2024
NewsEkobizMentan Minta Pemda Serius Antisipasi Krisis Pangan Dunia

Mentan Minta Pemda Serius Antisipasi Krisis Pangan Dunia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman meminta pemerintah daerah (pemda) yang ada di seluruh wilayah Indonesia untuk menaruh perhatian lebih ke sektor pertanian, guna mengantisipasi ancaman krisis pangan dunia.

Hal itu disampaikan Mentan Amran saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbangtannas) 2024 pada Selasa, 25 Juni 2024.

Dia menekankan, bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang sangat vital, karena menyangkut masalah pangan yang penting bagi kehidupan seluruh insan manusia.

“Jika pertanian bermasalah, dunia bisa bermasalah,” kata Amran dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (26/6).

Amran dalam kesempatan itu juga berpesan, pertama adalah memastikan agar program pompanisasi atau penyaluran sumber air untuk sektor pertanian dapat berjalan dengan baik.

Sebab baginya, pompanisasi menjadi solusi cepat dalam meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan jumlah produksi padi di tengah ancaman El Nino.

Untuk itu, dia juga meminta Dinas Pertanian di seluruh wilayah, baik tingkat provinsi maupun kota/kabupaten untuk turun ke lapangan guna memastikan ketersediaan sumber daya air.

“Kedua, optimalisasi lahan rawa (OPLA) harus dikejar. Dan ketiga, fokus pada pengembangan padi gogo,” ujarnya pula.

Ia menjelaskan, optimalisasi lahan rawa merupakan program Kementan untuk memanfaatkan lahan rawa untuk pertanian, sementara padi gogo adalah varietas padi yang tahan ditanam di lahan kering.

Mentan menegaskan, bahwa sinergitas dalam pembangunan sektor pertanian adalah hal yang penting untuk dilakukan, demi mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Kami tidak bisa melakukan apa-apa, kita harus kuat bersama. Jika kadis kabupaten dan provinsi bersatu, kita akan mengguncang dunia dan mencapai mimpi bersama menjadi lumbung pangan dunia,” pungkas Amran.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bansos Beras Jokowi Bakal Berlanjut di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Juru Bicara Presiden terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras 10 kilogram (kg) bakal berlanjut di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sepekan, Modal Asing Rp9,73 Triliun Kabur dari RI

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran aliran modal asing keluar bersih dari pasar keuangan domestik selama sepekan terakhir ini mencapai angka Rp9,73 triliun. Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.

BI Klaim Inflasi di WIlayah Timur RI Tetap Terkendali

Bank Indonesia (BI) menyatakan inflasi di wilayah Timur Indonesia, seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua masih dalam kondisi yang terkendali. Meskipun dalam pengendalian harga di wilayah tersebut harus menemui sejumlah tantangan.

BFI Finance Catatkan Obligasi Baru, Tawarkan Kupon Hingga 6,90 Persen

PT BFI Finance Indonesia Tbk telah resmi mencatatkan obligasi berkelanjutan VI Thahap I Tahun 2024 di Bursa Efek Indonesia di pekan terakhir September 2024, yakni pada Jumat (27/9) kemarin.