BerandaNewsEkobizWapres Pastikan Ekonomi RI Cukup Baik Meski Rupiah Melemah

Wapres Pastikan Ekonomi RI Cukup Baik Meski Rupiah Melemah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin ikut angkat bicara terkait pelemahan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS.

Adapun diketahui, nilai tukar rupiah dalam beberapa terakhir terus megalami pelemahan. Namun pada Senin (24/6) sore, nilai tukar mata uang Garuda itu menguat 0,34 persen ke level Rp 16.384 per dolar AS.

Menurut Ma’ruf, pelemahan rupiah terjadi salah satunya karena pengaruh kebijakan di Amerika Serikat. Namun ia menilai, ekonomi Indonesia secara fundamental masih cukup baik.

“Walaupun begitu (rupiah melemah), kita masih cukup baik. Ekonomi kita cukup baik,” kata Ma’ruf dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (24/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Ma’ruf lantas menjelaskan, bahwa melemahnya mata uang terhadap dolar AS tidak hanya dirasakan Indonesia, tetapi juga dirasakan oleh sejumlah negara lain lantaran situasi global yang masih bergejolak.

Namun ia mengklaim ekonomi Indonesia masih cukup baik ketimbang negara tetangga, kecuali Thailand. Bahkan dengan Yen Jepang pun, posisi rupiah dinilainya cukup membanggakan.

“Kita memang menghadapi situasi global yang tentu tidak hanya dialami oleh Indonesia, tapi juga semua mata uang di dunia ini. Bahkan Euro pun mengalami penurunan,” ungkap Ma’ruf.

“Tapi posisi kita sekarang sudah naik. Kita di atas Malaysia sekarang, tapi di bawah Thailand saja. Tapi di atas Jepang, di atas Inggris posisi kita sekarang itu. Ini hal yang membanggakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf menegaskan bahwa pemerintah tentunya tidak akan tinggal diam melihat nilai tukar rupiah yang melemah. Dia pun berharap, nilai tukar rupiah akan kembali bangkit.

“Intervensi terus dilakukan oleh Bank Indonesia, pemerintah, dan kita berharap bahwa kita bisa mengembalikan kepada nilai yang normal yang seharusnya kita harapkan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS