BerandaNewsSri Mulyani Pusing Asumsi Makro APBN 2024 Banyak yang Melenceng

Sri Mulyani Pusing Asumsi Makro APBN 2024 Banyak yang Melenceng

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati nampaknya dibuat pusing dengan ketidakpastian ekonomi global yang membuat asumsi makro pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 tidak sesuai dengan rencana awal, alias melenceng.

Misalnya saja nilai tukar rupiah, yang dalam asumsi makro ditargetkan Rp 15.000 per dolar AS, sekarang ini berubah cukup jauh hingga tembus ke level Rp 16.400 per dolar AS.

Sri Mulyani pun menuturkan, perubahan asumsi makro seperti nilai tukar rupiah tersebut berpengaruh terhadap belanja negara, seperti subsidi listrik, bahan bakar minyak (BBM), atau bahan lainnya yang masih mengandalkan impor.

Namun ia memastikan, bahwa besaran subsidi energi seperti BBM hingga listrik masih disiplin mengikuti apa yang telah ditetapkan dalam UU APBN 2024.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Jumlah belanja subsidi BBM, listrik, LPG, itu kalau tidak ada perubahan policy yaitu volume sesuai dengan yang ada dalam UU APBN,” katanya dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (24/6).

“Kurs menggunakan asumsi tapi sekarang deviasi, harga minyak sesuai asumsi tapi juga ada deviasi,” tambahnya.

Kendati demikian, Bendahara negara itu memastikan total belanja subsidi sampai saat ini masih sesuai UU APBN 2024, yakni sebesar Rp 300 triliun. Kendati demikian, ia tak menampik bahwa kedepan angka tersebut bisa saja membengkak.

“Nanti kita akan lihat alokasi itu memenuhi berapa banyak dari volume yang sudah ditetapkan dengan perubahan harga maupun kurs yang terjadi,” ujar Sri Mulyani.

“Sedapat mungkin kita akan membayar sesuai kemampuan keuangan negara,” lanjutnya menegaskan.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Azriel Hermansyah Semprot Netizen yang Nyinyiri Foto Wisuda Gegara Krisdayanti

Azriel Hermansyah semprot balik netizen yang nyinyiri foto keluarganya di Instagram saat ia merayakan kelulusan dari Universitas Bina Nusantara

Zulhas Sebut Bea Masuk 200% Bakal Sasar Produk Tekstil hingga Teknologi Asal China

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan memberikan perkembangan terkait rencana pemerintah menerapkan tarif bea masuk untuk produk-produk asal China hingga 200%.

Pemerataan Akses Energi Penting Sentuh Daerah 3 T

Langkah pemerintah dalam memberikan akses energi yang merata dan terjangkau untuk seluruh masyarakat di semua wilayah di Indonesia wajib terus dilakukan.

Sah! PKB Resmi Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut

PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) secara resmi memberikan dukungan kepada Bobby Nasution untuk maju di Pilkada Sumatera Utara.

CCTV : Sekelompok Pemuda Bikin Onar di Ambon, Mobil Lewat Dilempar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Terekam kamera CCTV, sekelompok pemuda terlihat melakukan pengerusakan di sebuah tempat penjualan bensin, bahkan seluruh pelaku yang ada juga melempari kendaraan...

Mau Ketemu Kim Ji Won di Jakarta? Harus Rogoh Kocek Segini…

Aktris Korea Selatan, Kim Ji Won akan hadir di Indonesia untuk menjumpai para penggemarnya. Kabar itu diumumkan pada promotor Virgo Creative Entertainment di akun Instagram mereka @virgoenterteinment.id.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS