Tim Jibom Den Gegana SatBrimob Polda Kaltim Amankan Temuan Mortir Sisa Perang Dunia II

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Unit Penjinak Bom (Jibom) Gegana Sat Brimob Polda Kaltim mengamankan dan evakuasi sebuah benda mencurigakan diduga amunisi bom jenis mortir yang ditemukan warga di sekitaran area pemukiman warga, Sabtu (22/6).

Mortir tersebut di temukan oleh Tulus Hadi Santoso, saat sedang mencangkul tanah di kebunnya untuk membuat bedengan pembatas barisan tanah lalu ia melihat benda seperti dinamo stater alat berat di jalan Mulawarman Gg. Padat Karya, RT. 23, Kel. Lamaru, Kec. Balikpapan Timur.

Setelah di telaah lebih lanjut, Tulus menyadari benda tersebut adalah mortir bekas dari Perang Dunia II yang tertanam puluhan tahun silam.

“Mortir yang ditemukan warga harus segera dilakukan penanganan untuk keselamatan warga di sekitar lokasi penemuan, yang mana nantinya mortir temuan ini akan di hancurkan dengan cara di disposal, ” tutur Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andi Rifai seperti dikutip Holopis.com.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah pihak kepolisian sektor utara setempat menerima laporan dari warga, kemudian pihak kepolisian sektor meminta bantuan dengan menghubungi Unit Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Kaltim.

Menindak lanjuti hal tersebut, kemudian diperintahkan satu unit subden Jibom dengan dipimpin Bripka Asdar selaku Komandan Tim (Dantim) untuk menuju lokasi penemuan.

Tiba di tempat penemuan bom tersebut, Unit Jibom langsung bergerak dengan memeriksa dan mengamankan temuan mortir tersebut.

Adapun ukuran mortir yang di temukan diameter 13 cm panjang 50 cm dan berat 25 kg , setelah di periksa oleh tim Jibom, mortir ini memang benar sisa perang dunia II, dan mortir ini dalam status aktif yang merupakan bom yang biasa menempel pada pesawat perang.

“Kesatuan wilayah bergerak cepat dalam memberikan informasi yang sifatnya penting ini dan masyarakat juga tidak bertindak sembarangan saat melihat benda mencurigakan ini, itu hal yang sangat luar biasa, sudah berkontribusi dalam menjaga keamanan wilayah di sekitar, karna halnya ini adalah benda yang sangat berbahaya, oleh sebab itu, harus di tangani oleh ahlinya, ” tutupnya.

Rizkia Danun

Share
Published by
Rizkia Danun

Recent Posts

Seragam Olimpiade 2024 Tim Garuda Karya Didit Prabowo Rilis, Netizen Kagum dan Lega

Seragam Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 akhirnya sudah dirilis. Desain kaos, jaket, serta tas yang…

11 menit ago

Sekjen PKS Ogah Disalahkan Soal Hoaks Jokowi Cawe-Cawe

Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengklaim tidak ada yang salah dari pernyataannya yang menuduh…

26 menit ago

Menko Polhukam: Satgas BLBI Peroleh Aset dan PBNP Senilai Rp38.2 Triliun

Sejak Satgas BLBI dibentuk pada tahun 2021 hingga saat ini, perolehan Satgas BLBI telah mencapai…

41 menit ago

Ssttt, Dugaan Rasuah Anggota BPK Ahmadi Noor Supit dan DPR Komisi XI Diselidiki KPK

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menyelidiki dugaan rasuah yang menyeret nama Anggota…

56 menit ago

Kunci Gitar Escape – Afgan Feat. Jessi Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Industri musik Indonesia kembali dibuat heboh dengan kolaborasi antara Afgan dan Jessi…

1 jam ago

Bobby Nasution Akui Cawe-Cawe Jokowi di Pilkada : Paling Besar Mendoakan

Wali Kota Medan Bobby Nasution ikut menanggapi tuduhan Sekjen PKS mengenai adanya cawe-cawe Presiden Jokowi…

1 jam ago