Penguatan IHSG Berlanjut, Simak Rekomendasi Sahamnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menguat pada perdagangan pekan lalu berpeluang untuk berlanjut pada awal pekan ini, Senin 24 Juni 2024. Hal itu sejalan dengan proyeksi Phintraco Sekuritas.

Menurut mereka, penguatan IHSG sebesar 0,89 persen pada penutupan perdagangan Jumat (21/6) lalu akan berlanjut juga pada awal pekan ini.

“IHSG berpotensi lanjutkan penguatan, terutama di awal pekan,” tulis tim analis Phintraco Sekuritas dalam risetnya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (24/6).

Phintraco melihat ada sejumlah hal yang meyakinkan adanya penguatan IHSG di awal pekan ini. Salah satunya yakni indeks-indeks Wall Street yang masih menunjukkan tren positif pada pekan lalu.

Selain itu, Wall Street masih ditopang optimisme pemangkasan suku bunga acuan the Fed di FOMC September 2024 sebesar 59,5 persen berdasarkan data CME FedWatch Tools. 

Sejumlah petinggi the Fed dijadwalkan menyampaikan pidato dalam sepekan ke depan, bersamaan dengan jadwal rilis data Personal Consumption Expenditure (PCE) sebagai salah satu indikator inflasi penting di AS.

Meski demikian, nilai tukar rupiah masih terus tertekan. Rupiah melemah 0,12 persen ke Rp16,445 per dolar AS di Jumat (21/6). Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi IHSG yang justru menguat.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlanjut di awal pekan mengingat tidak banyak perubahan sentimen dari Jumat,” tulis analis Phintraco Sekuritas dalam risetnya, Senin (24/6).

Ini didukung oleh sentimen domestik yang berasal dari keputusan BI untuk menahan suku bunga acuan di level 6,25 persen. 

“Untuk mengembalikan stabilitas nilai tukar Rupiah, BI akan mengoptimalkan upaya intervensi menggunakan sejumlah instrumen moneter untuk menarik inflow kembali ke Indonesia,” jelas Phintraco Sekuritas.

Sementara itu, Analis MNC Sekuritas melihat penguatan IHSG pada Jumat (21/6) disertai dengan munculnya peningkatan volume pembelian. 

Sehingga selama masih mampu berada di atas 6,698 sebagai supportnya, maka posisi IHSG saat ini diperkirakan sedang berada pada bagian dari wave 1 dari wave (3) pada label hitam.

“Namun hati-hati, jika IHSG kembali terkoreksi agresif dan menembus 6.639, maka IHSG akan menguji 6.450-6.562 pada label merah,” tulis MNC Sekuritas dalam risetnya.

Adapun rekomendasi saham MNC Sekuritas yang bisa diperhatikan pada perdagangan Senin (24/6) meliputi BMRI, MAHA, MBMA, dan SIDO.

Sementara Phintraco Sekuritas menyarankan untuk memperhatikan saham ADRO, INCO, BBRI, EMTK, TLKM dan SMRA.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Sejarah GoTo, dari Startup Menuju Raksasa Teknologi Indonesia

Jika berbicara tentang sejarah PT GoTo Gojek-Tokopedia Tbk, tidak terlepas berawal dari dua perusahaan rintisan (startup) Indonesia yang sangat fenomenal di awal kemunculannya, yakni Gojek dan Tokopedia.

Bikin Kaget! Saham GOTO Tiba-tiba Melesat 10 Persen

Pasar dikagetkan dengan pergerakan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang mendadak mengalami kenaikan siginifikan pada sesi I perdagangan hari ini, Selasa (23/7).

IHSG Rawan Minor Pullback Hari Ini, Intim Saham Cuannya

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih rawan minor pullback ke kisaran 7290 pada perdagangan hari ini, Selasa 23 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa, Deretan Saham Ini Langsung Ngegas

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini, Selasa 23 Juli 2024.

IHSG Berpotensi Menguat di Awal Pekan, Cek Potensi Saham Cuannya

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat terbatas sepanjang perdagangan di awal pekan ini, Senin 22 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

Lokasi SIM Keliling Hari Rabu 24 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Rabu 24 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.