Mas Anies Mau Dapat Tiket Pilkada dari PKS? Ini Syaratnya Ya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PKS (Partai Keadilan Sejahtera) ternyata masih memberikan kesempatan kepada Anies Baswedan untuk tetap maju dan mendapatkan tiket Pilkada Jakarta.

Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal mengatakan, meski pihaknya sudah memutuskan nama Sohibul Iman sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024, namun masih ada pengecualian apabila Anies bisa memenuhi syarat yang diajukan.

“PKS memberi pilihan ke Anies, masuk menjadi kader atau wakilnya dari PKS,” kata Iqbal dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Senin (24/6).

Iqbal kemudian mengakui bahwa mereka belum bisa mengajukan sendiri pasangan untuk maju di Pilkada Jakarta meskipun sudah menjadi pemenang Pileg 2024 di wilayah DKI.

“Karena PKS nggak bisa mengusung sendiri, kurang 4 kursi. Saat ini PKS memiliki 18 kursi, sementara untuk maju 22 kursi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Iqbal menjelaskan bahwa Anies harus mendapatkan dukungan dari partai lain jika memang mau maju di Pilkada Jakarta.

Tak hanya itu, Anies juga harus meminang Sohibul Iman sebagai cawagub jika sudah berhasil memenuhi syarat yang pertama.

“Kalau Pak Anies nggak berkenan maju Sohibul Iman disiapkan sebagai calon gubernur, kalau Anies dapat dukungan partai dan maju, Sohibul iman siap jadi calon wakil Gubernur,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, PKS lebih tertarik untuk mengajukan nama Mohamad Sohibul Iman untuk maju Pilkada Jakarta 2024 ketimbang Anies Baswedan.

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengungkapkan, sebagian besar internal di partai sudah sepakat untuk mengusung Sohibul Imam di Pilkada Jakarta.

“Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS,” kata Ahmad Mabruri dalam keterangannya, Minggu (23/6).

Dengan perolehan suara tertinggi di Jakarta pada Pemilu 2024, Ahmad mengaku PKS sudah sangat percaya diri untuk mengusung kadernya sebagai calon gubernur.

Sohibul Iman sendiri diketahui pernah menjabat sebagai Presiden PKS pada periode 2015-2020 berhasil mengalami peningkatan perolehan suara dan kursi secara signifikan dari 8,46 juta suara pada 2014 menjadi 11,49 juta suara pada 2019 atau meningkat dari 40 kursi pada 2014 menjadi 50 kursi pada 2019.

“Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas,” klaimnya.



Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven

Recent Posts

Belasan Desa di Bolaang Mongondow Selatan Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

9 menit ago

Darren/Bernadine Gagal Juara Badminton Asia Junior Championship 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ganda campuran Indonesia yakni Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana gagal menjuarai Badminton Asia…

39 menit ago

Erick Thohir Ingin Indonesia Gebuk Balik Australia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memotivasi para pemain Timnas U-16 Indonesia untuk…

59 menit ago

Kunci Gitar Bermuara – Rizky Febian Feat. Mahalini Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Rizky Febian, salah satu penyanyi muda populer di Indonesia, bersama dengan Mahalini,…

4 jam ago

5 Serum Ini Cocok untuk Kulit Berminyak di Pagi Hari

Kulit berminyak memang memerlukan perawatan khusus agar tetap segar dan seimbang sepanjang hari.

4 jam ago

4 Alasan Orang Sering Tergoda Operasi Plastik

Agar bisa lebih mengerti mengapa orang operasi plastik, ini dia beberapa alasan umum yang dimiliki…

4 jam ago