BerandaNewsRagamBMKG : 42 Persen Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau

BMKG : 42 Persen Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, setidaknya sebanyak 42 persen wilayah Indonesia berdasarkan Zona Musim (ZOM) saat ini telah memasuki musim kemarau. 

“Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 41 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim kemarau,” kata BMKG dalam keterangan resminya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (24/6).

BMKG melaporkan wilayah yang telah masuk musim kemarau tersebut yakni sebagian Aceh, Sumatera Utara, Riau, sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTT dan NTB, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, Papua Selatan. 

Sementara wilayah provinsi Yogyakarta dan Jawa Timur hampir seluruhnya sudah memasuki musim kemarau. 

Penerbit Iklan Google Adsense

Adapun untuk curah hujan yang berjalan pada Dasarian I Juni 2024 lalu dilaporkan BMKG cukup bervariasi, mulai dari kriteria rendah (25 persen), menengah (68 persen) dan tinggi-sangat tinggi (8 persen). 

“Pada Dasarian II Juni 2024 umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah-menengah (0-150 mm/dasarian),” ujarnya.

Adapun wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria menengah (50-150 mm/dasarian) berada di sebagian kecil Sumbar bagian selatan, sebagian kecil Jabar bagian barat, sebagian kecil Kaltim bagian barat. 

Kemudian hujan kriteria mencegah juga dialami sebagian kecil Sulawesi, sebagian besar Maluku bagian tengah, sebagian Papbar bagian barat, sebagian kecil Papua bagian barat.

Sedangkan untuk wilayah yang diprediksi mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) meliputi sebagian besar Sumatra, sebagian besar Banten dan Jabar. 

Kemudian juga sebagian kecil Jateng dan Jatim, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara dan sebagian kecil Maluku, sebagian Papua Barat dan Papua.

BMKG memberikan analisis bahwa pada pertengahan Juni 2024 ini masih ada empat provinsi di wilayah Indonesia yang diprediksi memiliki potensi banjir dengan kategori tinggi. 

“Untuk Dasarian II Juni 2024, wilayah yang diprediksi memiliki potensi banjir dengan kategori Tinggi, meliputi Provinsi Sulawesi Tengah (Kab. Banggai), Maluku (Kota Ambon, Kab. Maluku Tengah, Seram Bagian Barat), Papua Barat (Kab. Maybrat, Sorong, Sorong Selatan), dan Papua (Kab. Nabire),” katanya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS