BerandaNewsEkobizAirlangga Yakinkan Investor Ekonomi RI Aman, Tapi Kalah dari Thailand

Airlangga Yakinkan Investor Ekonomi RI Aman, Tapi Kalah dari Thailand

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto kembali meyakinkan investor, bahwa kondisi perekonomian Indonesia saat ini dapat dibilang relatif aman. 

Dia mengungkapkan, situasi Indonesia jika dilihat dari keseluruhan indikator masih lebih baik ketimbang negara lain di ASEAN. Namun ia mengakui, perekonomian Indonesia masih kalah dengan Thailand.

“Kita relatif dari seluruh indikator pada green area atau daerah aman,” ujarnya dalam  Konferensi Pers Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025, seperti dikutip Holopis.com, Senin (24/6).

“Jadi negara seperti Indonesia itu relatif lebih baik dari ASEAN lain kecuali Thailand dan dengan rating yang baik kita punya inflasi juga baik dibanding lain,” jelas Airlangga.

Penerbit Iklan Google Adsense

Salah satu indikator tersebut yakni posisi transaksi berjalan. Dimana menurut Airlangga, posisi Indonesia masih lebih baik ketimbang negara lain, meskipun ada tercatat adanya defisit transaksi berjalan. 

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), defisit transaksi berjalan sampai dengan Mei 2024 tercatat sebesar 5,6 miliar dolar Amerika Serikat (AS). 

Sementara itu, aliran masuk modal asing dalam bentuk portofolio pada triwulan II 2024, atau sampai dengan 14 Juni 2024 mencatatkan net inflows sebesar 4,0 miliar dolar AS, meskipun ketidakpastian pasar keuangan global masih tinggi. 

“Banyak negara lain bahkan negara yang seperti negara India China dan lain-lain demikian dari segi balance fiscal total debt kita relatif baik negara Jepang dan lain-lain lebih tinggi dari kita,” jelasnya.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia menurut Airlangga juga masih pada level yang tinggi, yakni di atas 5 persen. Sementara inflasi juga masih terjaga di bawah 3 persen.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS