HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kulit durian kerap disepelekan oleh sebagian besar para pecinta buah durian. Ternyata, kulit durian memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa dijadikan sebagai pengganti kayu bakar loh.

Sebelum mengetahui manfaat dari kulit durian, perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa durian dikenal merupakan buah yang memiliki bau khas, yang memang tidak semua orang sukai.

Buah durian seperti yang kita tahu, memiliki kulit yang dipenuhi duri tajam. Namun di balik kulitnya yang menyeramkan itu, terdapat kandungan nutrisi yang baik dari buahnya itu sendiri.

Pada 100 gram durian, terdapat 67 gram air, 28,3 gram karbohidrat, 2,5 gram protein, 2,5 gram lemak, 1,4 gram serat, 6,3 gram fosfor, 601 mg kalium, 20 mg kalsium, 0,27 mg tiamin, dan 57 mg vitamin C.

Yang biasa dimakan tentu bagian dagingnya, karena memang memiliki rasa yang manis hingga legit. Namun tak sedikit yang memanfaatkan bijinya sebagai olahan makanan.

Sementara itu, kulit duriannya kerap disepelekan dan berakhir menjadi sampah yang tidak terpakai. Mulai dari sekarang, stop buang sampah kulit durian! Karena, banyak manfaatnya.

Berikut ini sejumlah manfaat kulit durian seperti dikutip Holopis.com dari jurnal Universitas Medan Area :

MANFAAT KULIT DURIAN

Bisa Jadi Pengganti Kayu Bakar

Kulit durian teryata bisa dimanfaatkan menjadi pengganti kayu bakar. Caranya mudah, pertama-tama perlu dikeringkan terlebih dahulu kulit duriannya, dan langsung bisa digunakan sebagai pengganti kayu bakar.

Bisa Usir Nyamuk

Kulit durian ternyata bisa jadi salah satu opsi untuk mengusir nyamuk di rumah sobat Holopis sekalian. Caranya juga mudah, sobat Holopis hanya perlu meletakan kulit duriannya di sudut ruangan

Bisa Usir Bau Mulut Bekas Makan Durian Itu Sendiri

Untuk yang satu ini cukup mind blowing, sebab memang setiap makan durian mulut kita akan terasa bau durian. Namun ternyata, bisa diatasi dengan kulit durian itu sendiri.

Tetapi caranya tidak dikonsumsi ya sobat Holopis. Caranya yaitu isi ceruk bagian dalam kulit buah tempat menempelnya daging dan biji durian dengan air, lalu aduk airnya. Selanjutnya, gunakan airnya untuk berkumur. Cara ini dinilai ampuh mengusir aroma durian yang kental dari rongga mulut Anda.