BerandaNewsHajiDPR Tegaskan Pembagian Kuota Haji Tambahan Salahi Aturan

DPR Tegaskan Pembagian Kuota Haji Tambahan Salahi Aturan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR mengkritik keras pembagian kuota haji tambahan yang berjumlah 20.000 kuota oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Adapun Kemenag diketahui membagi 20.000 kuota tambahan dari Arab Saudi tersebut masing-masing 10.000 untuk haji reguler dan 10.000 untuk haji khusus. 

Namun menurut Timwas, pembagian itu menyalahi aturan karena bertentangan dengan hasil Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI serta Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 tahun 2024. 

Anggota Timwas Haji DPR, Ace Hasan Syadzily, menyatakan bahwa alokasi awal 20 ribu kuota tambahan tersebut telah diputuskan dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI pada 27 November 2023 lalu. 

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam rapat tersebut, disepakati rincian 221.720 kuota untuk jemaah haji reguler dan 19.280 kuota untuk jemaah haji khusus, dimana haji khusus dialokasikan sebesar 8% sesuai dengan pasal 8 UU tersebut.

“Pembagian kuota tambahan ini diputuskan setelah melalui pembahasan mendalam dalam Rapat Panja Haji Komisi VIII selama tiga minggu, baik melalui rapat resmi di DPR maupun forum diskusi kelompok dengan berbagai pihak,” ujar Ace dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (22/6).

Keputusan tersebut juga menjadi dasar penetapan Keputusan Presiden No 6 tahun 2024 tentang BPIH tahun 2024. Tambahan kuota 20 ribu tersebut diperoleh setelah Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Arab Saudi pada Oktober 2023.

Ace menekankan, tujuan utama dari tambahan kuota ini adalah untuk mengurangi daftar tunggu haji reguler yang saat ini mencapai 5,2 juta orang. 

Namun, Kementerian Agama pada Februari 2024 mengubah kebijakan soal kuota tambahan tersebut secara sepihak, membagi kuota menjadi 10 ribu untuk haji khusus dan 10 ribu untuk haji reguler, tanpa pembahasan lebih lanjut dengan DPR RI.

Ace pun menilai, perubahan kebijakan ini seharusnya melalui proses pembahasan kembali di DPR RI, karena berpengaruh pada asumsi jumlah jemaah dan penggunaan anggaran biaya haji yang berasal dari nilai manfaat keuangan haji yang dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Kementerian Agama tidak bisa mengambil kebijakan sepihak karena akan berdampak pada penggunaan anggaran, jumlah petugas, dan pengaturan lainnya yang telah disepakati bersama,” tegasnya. 

Ace Hasan Syadzily menggarisbawahi bahwa keputusan ini juga melanggar UU No 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. 

“Kebijakan pengalihan kuota ini memang menyalahi hasil Raker Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama RI serta Keputusan Presiden No 6/2024,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Jemaah ke Petugas Haji di Bandara Soetta : Kami Menyambut Pejuang Luar Biasa

Ada yang berbeda di area Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Lantunan Shalawat Thala’al Badru ‘Alaina menggema ketika para petugas haji Indonesia keluar dari pintu kedatangan bandara.

Kemenag Bicara Nasib Garuda di Musim Haji 2025, Usai Banyak Penerbangan Delay

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief memberikan tanggapan terkait maskapai Garuda Indonesia yang banyak mengalami delay saat melayani penerbangan haji 2024.

Kemenag Buka Peluang Lanjutkan Skema Murur di Musim Haji Berikutnya

Kementerian Agama (Kemenag) membuka peluang untuk melanjutkan skema murur bagi para jemaah pada pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya.

Kemenag Lepas Tangan soal Slot Time Penerbangan Haji 2024

Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab memastikan, bahwa pengurusan slot time penerbangan jemaah haji bukan menjadi tanggung jawab pihaknya, melainkan kewajiban maskapai.

Kemenag Klaim Selalu Ambil Langkah Proaktif Atasi Kepadatan di Mina

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief berbicara soal kepadatan di Mina saat ibadah haji yang disebutnya sudah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Kemenag : 166 Ribu Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag), Widi Dwinanda mamastikan proses pemulangan jemaah haji ke Tanah Air pada periode penyelenggaraan haji tahun 1445 H/2024 M masih terus berlangsung.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS