BerandaNewsEkobizBI Catat Uang Beredar Capai Rp 8.965 Triliun di Mei 2024

BI Catat Uang Beredar Capai Rp 8.965 Triliun di Mei 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada periode Mei 2024 tumbuh lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya, yakni April 2024.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono melaporkan posisi M2 pada periode Mei 2024 tercatat sebesar Rp 8.965,9 triliun, atau tumbuh 7,6 persen yoy. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan April 2024 yang tumbuh 6,9 persen yoy.

“Perkembangan ini terutama didorong oleh pertumbuhan uang beredar sempit (M1) sebesar 6,3 persen (yoy) dan uang kuasi sebesar 8,8 persen (yoy),” kata Erwin dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (22/6).

Erwin menuturkan perkembangan M2 pada periode Mei 2024 ini utamanya dipengaruhi oleh perkembangan penyaluran kredit dan aktiva luar negeri bersih.

Tercatat, penyaluran kredit pada Mei 2024 tumbuh sebesar 11,4 persen yoy, setelah tumbuh sebesar 12,3 persen yoy pada April 2024. Kemudian untuk aktiva luar negeri bersih tumbuh sebesar 0,6 persen yoy, setelah terkontraksi 1,1 persen yoy pada April 2024.

Sementara itu, tagihan bersih kepada pemerintah pusat juga tumbuh sebesar 22,7 persen (yoy). Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya yang sebesar 25,8 persen yoy.

“Kredit yang diberikan hanya dalam bentuk pinjaman (loans), dan tidak termasuk instrumen keuangan yang dipersamakan dengan pinjaman, seperti surat berharga (debt securities), tagihan akseptasi (banker’s acceptances) dan tagihan repo,” jelas Erwin.

Selain itu, kredit yang diberikan tidak termasuk kredit yang diberikan oleh kantor bank umum yang berkedudukan di luar negeri, dan kredit yang disalurkan kepada pemerintah pusat dan bukan penduduk.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Moncer, Ekspor Baja Indonesia Duduki Peringkat ke-4 Dunia

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  Indonesia menduduki posisi ke -4 ekspor baja dunia. Posisi ini memberikan andil besar pada stabilitas perekonomian nasional.  Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bangga...

Faisal Basri Sebut Pemerintah Bakal Kewalahan Tahan Harga BBM Subsidi

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Faisal Basri menyebut pemerintah nantinya tidak akan mampu lagi membendung harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi di tengah kenaikan harga minyak dan dolar AS. 

IHSG Diproyeksi Menguat, Tapi Awas Potensi Pullback

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat terbatas, dengan menguji resistance di level 7.300 pada perdagangan hari ini, Kamis (11/7).

Luhut Bilang Beli BBM Subsidi Bakal Dibatasi Mulai 17 Agustus 2024

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi akan dibatasi mulai 17 Agustus 2024 mendatang.

Catat! Penggunaan BBM Subsidi Bakal Dibatasi di Hari Kemerdekaan RI

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa pemerintah akan mulai memperketat pembatasan pembelian BBM Subsidi di masyarakat.

Kemendag Layani 1.935 Aduan Konsumen pada Semester Pertama 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama satu semester di 2024 Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) telah melayani 1.935 aduan...

HOLOPIS FEEDS