HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aktor legendaris Hollywood Donald Sutherland meninggal dunia di usia 88 tahun. Donald meninggal dunia karena penyakit yang sudah lama ia derita. Kematian Donald Sutherland pun membuat dunia Hollywood terkejut dan berkabung.

Kabar kematian Donald diumumkan oleh sang anak, Kiefer Sutherland yang juga merupakan seorang aktor.

“Dengan beran hati, saya mengumumkan bahwa ayah saya, Donald Sutherland telah meninggal dunia. Saya merasa beliau adalah salah satu aktor paling penting dalam sejarah perfilman,” kata Kiefer, dikutip Holopis.com, Jum’at (21/6).

Sepanjang karirnya, Donald sudah membintangi lebih dari 200 film, beberapa film paling ikoniknya adalah The Hunger Games, Pride & Prejudice, dan masih banyak lagi.

Ini dia profil Donald Sutherland.

  • Nama : Donald Sutherland
  • Tanggal Lahir : 17 Juli 1935
  • Tempat Lahir : Saint John, New Brunswick, Kanada
  • Meninggal Dunia : 20 Juni 2024
  • Tempat Meninggal : Miami, Florida, Amerika Serikat
  • Pekerjaan : Aktor

Kehidupan Pribadi

Donald Sutherland lahir pada 17 Juli 1935 dari pasangan orang tua bernama Frederick McLea Sutherland dan Dorothy Isobel. Saat muda, ia bekerja di bidang penjualan, dan memiliki pom bensin lokal.

Saat masih kecil, Donald menderita demam rematik, hepatitis, dan poliomielitis.

Awalnya, ia ingin menjadi seorang insinyur, namun ia berubah pikiran. Ia kemudian kuliah di London Academy of Music and Dramatic Art.

Perjalanan Karir

Pada tahun 1970, ia membintangi film MASH, dan Start the Revolution Without Me dengan Gene Wilder. Kemudian ia membintangi Klute, dan saat itu berpacaran dengan Jane Fonda.

Pada tahun 1980an, Donald semakin terkenal dan menjadi aktor besar Hollywood. Ia membintangi A Dry White Season (1989) bersama Marlon Brando, Lock Up (1989), dan masih banyak lagi.

Namanya semakin dikenal terutama di antara penggemar milenial ketika ia membintangi Pride & Prejudice (2005) dan The Hunger Games (2012).

Donald Sutherland sudah mendapatkan piala Emmy di tahun 1995. Uniknya meskipun ia adalah salah satu ikon Hollywood, Donald Sutherland tidak pernah mendapatkan nominasi Piala Oscar. Tetali ia kemudian menerima penghargaan prestasi seumur hidup dari Oscar.