BerandaNewsEkobizPertamina dan BRI Duet Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

Pertamina dan BRI Duet Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

Pertamina berkomitmen untuk meningkatkan kualitas UMK binaannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya keberlanjutan dari kegiatan pembinaan berupa pembinaan tahap lanjut bagi UMK yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT. Pertamina (Persero) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah kompak dan bekerja sama saling menjalin sebuah kolaborasi untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan.

Hal itu diwujudkan melalui agenda utama sosialisasi dan pembinaan Program Usaha Mikro Kecil (PUMK) bertema “Akselerasi Bisnis UMKM”.

Kegiatan ini menargetkan UMKM di area Karawang dan sekitarnya. Dengan sinergi antara badan usaha pemerintah dan pelaku UMKM di wilayah tersebut, pembinaan berkelanjutan diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Peserta merupakan penerima program PUMK Pertamina sinergi BRI. Pada kegiatan tersebut, peserta diberikan pembinaan melalui workshop tentang bagaimana mengatur keuangan secara sederhana serta tips dan trik menumbuhkan usaha yang baik dan amanah.

Penerbit Iklan Google Adsense

Pjs. Manager SMEPP PT Pertamina (Persero) Meidina Arimbi R, dalam sambutannya menegaskan komitmen Pertamina dalam membina UMK melalui program PUMK sangatlah tinggi.

“Pertamina berkomitmen untuk meningkatkan kualitas UMK binaannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya keberlanjutan dari kegiatan pembinaan berupa pembinaan tahap lanjut bagi UMK yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Potensi tersebut dapat terlihat melalui kegiatan pendataan usaha peserta yang dilakukan di akhir kegiatan,” kata Meidina dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (21/6).

Joevan Yudha Achmad, Pjs. Area Manager Comm, Rel. & CSR Regional JBB, menyampaikan bahwa menjadi mitra binaan Pertamina memberikan banyak keuntungan, termasuk akses modal usaha, pelatihan di  Pertamina UMK Academy, serta kesempatan mengikuti pameran.

Manager Bisnis Mikro BRI Karawang, Teddy Priyadi Rosa, pada tahun 2023 menjelaskan, PUMK Pertamina BRI telah menyalurkan dana kepada lebih dari 100 pelaku usaha mikro kecil, dengan fokus pada mereka yang belum memiliki riwayat perbankan. “Kami berharap ini dapat menjadi pemicu perkembangan usaha bapak ibu,” tambahnya.

Komarudin, salah satu peserta yang bergerak di bidang kuliner, mengaku sangat terbantu dengan program ini. Ia menyatakan bahwa bantuan tersebut dapat mengembangkan bisnis Opak Jengkolnya untuk pemasaran lebih baik dan luas lagi.

Selain trik berwirausaha, peserta juga diberikan edukasi tentang produk BBM dan LPG non-subsidi yang disampaikan oleh Arnaldo Andika Putra, SBM Rayon III Karawang. Edukasi ini penting sebagai upaya penggunaan produk BBM dan LPG subsdi yang tepat sasaran. Selain itu, peserta juga diberikan edukasi penggunaan LPG yang aman dalam berwirausaha.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Harga Emas Antam Kamis 18 Juli 2024 Naik, Saatnya Tarik Cuan

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Kamis 18 Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Lagi Naik Nih, Yuk Cek Rinciannya

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Kamis 18 Juli 2024.

Kenyang Pullback, IHSG Diramal Bergerak Mendatar Hari Ini

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (18/7) diperkirakan bakal bergerak mendatar, setelah beberapa hari mengalami pullback.

Bos Pupuk Indonesia Akui Penyaluran Pupuk Subsidi Terlalu Ruwet

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi menyoroti tata kelola penyaluran pupuk subsidi, yang dinilainya terlalu rumit dengan banyaknya regulasi yang mengikat.

Mendag Klaim Kinerja Ekspor Lemah Imbas Penurunan Harga Komoditas Global

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan, pelemahan ekspor Indonesia yang terjadi pada periode Juni 2024 salah satunya disebabkan oleh penurunan harga komoditas secara global.

Bos BI Pede Ekonomi RI di 2024 Mampu Tumbuh hingga 5,5 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo meyakini ekonomi Indonesia di tahun 2024 ini mampu mencatatkan pertumbuhan di rentang angka 4,7 hingga...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS