BerandaNewsEkobizEfek Suku Bunga BI, IHSG Diproyeksi Lanjutkan Penguatan

Efek Suku Bunga BI, IHSG Diproyeksi Lanjutkan Penguatan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini, Jumat 21 Juni 2024, setelah menguat hampir sepanjang perdagangan Kamis kemarin.

Adapun pada hari ini, IHSG diproyeksi bergerak di level resistance 6.850, pivot 6.800, dan di angka 6.750.

Phintraco Sekuritas menjelaskan penguatan IHSG pada perdagangan Kamis kemarin ditopang oleh keputusan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) terkait suku bunga yang mendapat respon positif dari pasar. 

“RDG BI memutuskan untuk menahan suku bunga acuan di 6.25 persen, sesuai perkiraan pasar. Akan tetapi, pernyataan-pernyataan BI yang relatif mengembalikan confidence pasar,” tulis hasil riset Phintraco, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (21/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam pernyataannya, Bank sentral Indonesia itu masih optimis pertumbuhan ekonomi 2024 di 4,7 – 5,5 persen, seiring dengan penguatan nilai tukar Rupiah sampai dengan akhir tahun nanti. 

“BI berencana kembali melakukan intervensi pasar dengan sejumlah instrumen yang relatif baru,” tambah Phintraco.

BI bahkan membuka peluang pemangkasan suku bunga acuan apabila sentiment eksternal mendukung, seperti realisasi loan growth yang pada Mei 2024 berada pada zona positif. 

Secara angka, realisasi pertumbuhan kredit pada periode Mei 2024 mencapai 12.15 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Angka itu masih relatif tinggi meski turun dari realisasi April 2024 yang sebesar 13.09 persen yoy. 

“Data ini mengindikasikan bahwa aktivitas ekonomi masih solid, meski dibayangi pelemahan nilai tukar Rupiah,” tulis Phintraco menjelaskan. 

Adapun pada hari ini, Phintraco merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dipilih investor pada hari ini. Adapun saham rekomendasi ini didominasi oleh saham perbankan, yakni BBCA, BMRI, BBRI, BBNI dan HRUM.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS