BerandaNewsRagamDua Hari Puncak Lamen Savana Gunung Bromo Terbakar, Jalur Wisata Aman?

Dua Hari Puncak Lamen Savana Gunung Bromo Terbakar, Jalur Wisata Aman?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Savana Puncak Lamen di kawasan Bromo dilanda kebakaran sejak tanggal 19 Juni lalu. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Thomas Nifinluri mengatakan kawasan ini masuk dalam resor PTN wilayah Gunung Penanjakan, Pasuruan.

“Kebakaran terjadi di Desa Mororejo Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan,” jelas Thomas seperti dikutip oleh Holopis.com, Jumat (21/6).

Melalui keterangannya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia mengatakan bahwa kebakaran tersebut sedang dalam proses penyelidikan dan menduga kemungkinan besar disebabkan karena ulah manusia.

“Diduga kuat penyebab terjadinya kebakaran adalah ulah manusia dan dalam proses penyelidikan,” lanjutnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Kawasan yang terbakar memang tidak masuk dalam kawasan yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga kawasan wisata Bromo Tengger Semeru masih tetap dibuka untuk pengunjung.

Menurut pantauan tim Holopis.com di lokasi, saat malam terlihat api merah menyala membentuk jalur di sepanjang kawasan yang terbakar tersebut, dan asap masih membumbung tinggi di sekitarnya.

Wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata Bromo Tengger Semeru tidak merasakan gangguan apapun, karena dari lokasi wisata tidak terlihat asap dan api akibat dari kebakaran di puncak Lamen. Kebakaran hanya bisa terlihat jauh dari jalur mobil Jeep yang biasa dilalui wisatawan.

Sekedar untuk diketahui, kawasan wisata Bromo sendiri sudah mulai ditutup pada tanggal 21 hingga 24 Juni ini untuk pemeliharaan. Pelaku UMKM di sekitar kawasan wisata tersebut mengatakan ini adalah ritual tahunan dimana semua pelaku wisata di sekitar Bromo Tengger Semeru akan beramai-ramai melakukan pemeliharaan di kawasan tersebut.

“Tiap tahun sih, pasti. Pelaku wisata wajib melakukan pemeliharaan, dan selalu di bulan yang sama (Bulan Juni),” ujar Febby pemilik warung di jalur penanjakan Bukit Cinta, Bromo kepada Holopis.com, (21/6).

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

4 Kejadian Penembakan Pejabat Amerika Serikat yang Terbesar Sepanjang Sejarah

Insiden penembakan Donald Trump saat kampanye di Pennsylvania mengagetkan banyak pihak. Momen itu menunjkkan bahwa tim penjaga sekelas mantan presiden negara adikuasa juga bisa lengah terhadap serangan-serangan di hadapan publik.

Sri Mulyani Beri Kode Perpisahan : I’m Gone!

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memberikan kode-kode perpisahan sebelum meninggalkan jabatannya sebagai Bendahara Negara, yang diketahui akan berakhir pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Gelar Long March Bagi Palestina, Wakil Gubernur Sumbar Dukung Munas Ke 10 Forum Zakat

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy memberi dukungan terhadap Musyawarah Nasional ke-10 Forum Zakat pada "Long March untuk Palestina" pada hari Minggu, 14 Juli 2024.

Munas Forum Zakat Bakal Jadi Gerakan Zakat Songsong Indonesia Emas 2045, Dibuka Wapres

Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan segera digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024) mendatang. Rencananya, Wakil Presiden RI K.H Ma'ruf Amin akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ pada Selasa, 16 Juli 2024 mendatang.

Selamat Ulang Tahun Tanjiro Kamado! Tokoh Utama Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Penggemar merayakannya dengan membagikan karya seni penggemar, membuat video spesial, dan mengadakan acara baik online maupun offline.

Gerr! Acara Malam Final ‘Copas’ Comedy Kipaskipas Sukses Bikin Penonton Ketawa Ngakak

Lomba StandUp Comedy bertajuk “COPAS (Comedy KipasKipas)” ini sendiri merupakan sebuah ajang pencarian bakat yang mencari bintang tersembunyi di dunia Comedy.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS