BerandaNewsEkobizRupiah Diremuk Dolar AS, Airlangga Cuma Bilang Gini

Rupiah Diremuk Dolar AS, Airlangga Cuma Bilang Gini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto nampaknya tidak ingin banyak bicara terkait kurs atau nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terus melemah.

Airlangga pun hanya mengatakan, pelemahan mata uang Garuda tersebut terjadi karena kondisi perekonomian AS yang memang sedang membaik.

“Ekonomi AS memang membaik, jadi kita monitor saja,” kata Airlangga dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (20/6).

Airlangga lantas mengatakan, apa yang dialami rupiah saat ini juga dialami oleh mata uang lainnya. Untuk itu, ia menegaskan pemerintah bersama Bank Indonesia akan terus memantau pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS secara berkala.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Karena Bank Indonesia yang akan terus memantau secara daily,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut terkait apa saja langkah pemerintah dalam menghadapi kondisi tersebut, Airlangga hanya mengatakan pihaknya masih akan melihat perkembangan yang ada ke depan.

“Nanti kita lihat (perkembangannya) bulan depan,” kata Airlangga.

Sebagai informasi tambahan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengambil sikap dengan mengumpulkan anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) ke Istana Negara, Jakarta pada Kamis sore tadi.

Ketua KSSK yang juga Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati pun membenarkan, bahwa maksud Presiden mengumpulkan anggota KSSK adalah untuk membahas perihal kondisi rupiah yang terus melemah.

“Iya membahas rupiah,” kata Sri Mulyani mengonfirmasi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Awal Bulan, IHSG Diproyeksi Bakal Kembali Menguat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal kembali menguat di awal Juli 2024 ini, setelah sebelumnya indeks saham Indonesia itu ditutup menguat 1,37 persen ke level 7.063,57 pada Jumat (28/6) pekan kemarin.

Harga Emas Batangan di Pegadaian Kompak Mandek Hari Ini

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal bulan ini, Senin 1 Juli 2024.

DPR Ingatkan Bea Masuk Barang China 200% Bisa Jadi Boomerang

Komisi VI DPR RI mengingatkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk lebih berhati-hati terkait kebijakan tarif bea masuk barang China, yang rencananya ditetapkan sebesar 200%.

Mendag Amankan Tabung Gas LPG Tak Sesuai SOP

Kementerian Perdagangan amankan ratusan tabung gas LPG 3 kilogram milik swasta yang melanggar standar operasional prosedur (SOP) di Deli Serdang, Minggu (30/6).

Berkah Libur Sekolah, Penjualan Tiket Whoosh Melonjak

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat sebanyak 350.000 tiket kereta cepat Jakarta - Bandung alias Whoosh telah terjual selama periode libur sekolah, yakni pada 25 Juni-7 Juli 2024.

DPR Harap Pemerintah Tahan Dulu Harga BBM Subsidi

Komisi VII DPR RI, Mulyanto meminta pemerintah tidak terburu-buru dalam menaikkan harga jual BBM bersubsidi, karena nilai tukar rupiah yang masih di atas Rp16.000 per dolar AS.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS