BerandaNewsEkobizIHSG Dibuka Strong Jelang Keputusan BI-Rate

IHSG Dibuka Strong Jelang Keputusan BI-Rate

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada pada zona hijau di pembukaan perdagangan hari ini, Kamis 20 Juni 2024. Penguatan ini terjadi ketika Bank Indonesia (BI) akan memutuskan kebijakan suku bunga acuannya atau BI-Rate pada hari ini.

Berdasarkan data perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dihimpun Holopis.com, indeks harga saham Indonesia itu dibuka menguat 0,36 persen atau bertambah 24,32 poin yang membawa IHSG ke posisi 6.751,24.

Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 pada pembukaan perdagangan pagi ini juga terpantau naik 0,37 poin atau 0,04 persen ke posisi 844,74.

Di awal perdagangan, nilai transaksi indeks mencapai sekitar Rp 981 miliar, dengan volume transaksi mencapai 3,5 miliar lembar saham yang telah ditransaksikan sebanyak 94.382 kali.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sebagaimana diketahui, BI akan mengambil keputusan terkait kebijakan monternya, termasuk kebijakan suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI.

Pada periode Juni 2024 ini, konsensus memperkirakan BI akan tetap mempertahankan BI-Rate di level 6,25 persen, setelah pada April lalu naik sebesar 25 basis poin (bps).

Kemudian dilanjutkan dengan menahan suku bunganya pada Mei 2024 mengingat kondisi rupiah cenderung relatif stabil.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menjelaskan, kebijakan BI Rate itu ditahan mempertimbangkan kebijakan moneter yang yang antisipatif untuk menahan laju inflasi tetap di kisaran sasaran 1,5 – 3,5 persen hingga akhir tahun ini sampai 2025.

“Keputusan ini konsisten dengan kebijakan moneter pro-stability, yaitu sebagai langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran,” kata Perry, Rabu (22/5).

“Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh kuat ditopang oleh perbaikan permintaan domestik, termasuk fiskal akomodatif, dan kenaikan ekspor. Inflasi AS pada April 2024 tetap tinggi sejalan dengan pertumbuhan ekonomi AS yang kuat tersebut, meski melambat dibandingkan dengan inflasi Maret 2024,” tambah Perry.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS