BerandaNewsEkobizBos BI Bongkar Biang Kerok Rupiah Remuk Dihajar Dolar AS

Bos BI Bongkar Biang Kerok Rupiah Remuk Dihajar Dolar AS

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menjelaskan perihal kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terus melemah hingga ke level paling lemahnya sejak April 2020.

Menurutnya, pelemahan nilai tukar rupiah tersebut bukan hanya karena soal kondisi ekonomi domestik saja, dampak global dan domestik. Dari sisi global, pelemahan rupiah terjadi karena masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

“Terutama berkaitan dengan ketidakpastian arah penurunan Fed Fund Rate AS, penguatan mata uang dolar AS secara luas, dan masih tingginya ketegangan geopolitik,” kata Perry dalam konferensi pers, seperti dikutip Holopis.com Kamis (20/6).

Dari faktor domestik, Perry menyebut tekanan rupiah disebabkan oleh adanya kenaikan permintaan valas oleh korporasi, termasuk untuk repatriasi dividen, serta persepsi terhadap kesinambungan fiskal ke depan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Meski begitu, pelemahan rupiah yang terjadi saat dinilai masih lebih baik jika dibandingkan dengan pelemahan mata uang negara lain, seperti won Korea Selatan, baht Thailand, peso Meksiko, hingga yen Jepang yang melemah hingga di angka 10,78 persen.

Sebagai informasi, nilai tukar atau kurs rupiah Jisdor terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini terpantau semakin melemah. Tercatat, kurs rupiah Jisdor melemah 0,32 persen ke Rp 16.420 per dolar AS dari posisi kemarin yang berada di level Rp 16.368 per dolar AS.

Di pasar spot, kurs mata uang Garuda itu berada di level Rp 16.430 per dolar AS. Sedangkan kurs rupiah spot melemah 0,40 persen dari posisi penutupan perdagangan kemarin yang berada di level Rp 16.365 per dolar AS.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS