BerandaNewsHajiMenag Yaqut Janji Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024

Menag Yaqut Janji Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, bakal mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji 2024, meskipun jemaah Indonesia telah melalui masa puncak haji dengan relatif lancar. 

Menurutnya, evaluasi tersebut dilakukan pihaknya guna memperbaiki layanan bagi jemaah pada penyelenggaraan haji di tahun yang akan datang. 

“Semua kita akan evaluasi, tidak ada yang tidak kita evaluasi demi perbaikan layanan jemaah, itu poinnya,” ujar Menag dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (19/6).

Dia kembali menegaskan, pemerintah akan tetap melakukan evaluasi dengan berbasis pada data yang ada, meskipun jemaah merasakan layanan yang sangat memuaskan pada pelaksanaan haji tahun ini.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Apapun harus dievaluasi dan evaluasi itu harus berbasis pada data. Jadi termasuk katanya ac mati, di mana ac mati, kita akan segera evaluasi,” tegas Menag Yaqut.

Bahkan, kata dia, evaluasi ini juga dilakukan secara kontinyu di lapangan. Misalnya soal aduan terkait adanya jemaah dari embarkasi KNO yang tidak mendapatkan tenda. 

“Kita langsung eksekusi. Kita mintakan pada mashariq untuk tenda mereka kita pakai. Hari ini kita menggusur tendanya perusahaan mashariq untuk dipakai oleh jemaah kita,” tuturnya.

“Ini kan evaluasi-evaluasi yang sifatnya responsif, tetapi ke depan supaya layanan jemaah lebih baik tentu butuh evaluasi yang lebih komprehensif,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Menag Yaqut menyambut baik kritik dan masukan yang diberikan oleh sejumlah pihak, yang menurutnya menjadi input bagi evaluasi.

“Saya kira ujungnya adalah bagaimana jemaah merasakan kepuasan layanan dari pemerintah , jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan nyaman dan tenang, pulang dengan membawa predikat haji mabrur,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Setiba di Tanah Air, Jemaah Harus Lapor ke Puskesmas Setempat

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, setiba di Tanah Air, jemaah haji harus memberitahukan petugas Puskesmas bahwa mereka baru saja kembali dari menunaikan ibadah haji.

Menko PMK Nilai Banyak Perbaikan dari Murur sampai Tata Kelola Dam Haji 2024

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.

93 Ribu Lebih Jemaah dan Petugas Haji Sudah Mendarat di Indonesia

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, bahwa hingga tanggal 4 Juli 2024 pukul 21.00 WAS, para jemaah dan petugas haji yang sudah tiba di tanah air mencapai 93 ribu orang lebih.

Jangan Foto Sembarangan di Makam Rasulullah

Widi Dwinanda mengingatkan kepada para jemaah haji Indonesia yang masih di tanah suci, dan melakukan ziarah ke raudhah agar tidak melakukan pelanggaran kebijakan otoritas pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

33 Jemaah Haji Indonesia Dirawat, 6 Ditanazulkan

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan bahwa saat ini total jemaah haji yang tengah dirawat karena sakit senyak 33 (tiga puluh tiga) orang.

PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Nabawi

Membawa jemaah tersebut berziarah ke Raudhah merupakan ikhtiar petugas melayani para tamu Allah memperoleh kesempatan beribadah dan berdoa di tempat mustajab tersebut.

HOLOPIS FEEDS