BerandaHistoryKalian Suka Pakai Parfum? Tahu Gak Asal Muasalnya Gimana? Simak Sejarahnya!

Kalian Suka Pakai Parfum? Tahu Gak Asal Muasalnya Gimana? Simak Sejarahnya!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemakaian parfum nampaknya sudah jadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang di dunia.

Bahkan, pemakaian parfum tersebut kerap juga dikaitkan dengan misteri, fantasi hingga imajinasi. Tak sedikit bahwa parfum jadi salah satu senjata untuk memikat hati lawan jenis.

Lantas, seperti apa sih sejarah parfum itu sendiri? Berikut selengkapnya.

Sejarah Parfum

Penerbit Iklan Google Adsense

Parfum berasal dari bahasa latin yakni ‘per’, berarti through atau bahasa indonesianya menyeluruh, kemudian ada ‘fumus’ yang berarti asap atau smoke.

Kemudian nama parfum itu sendiri datang dari orang Prancis dan tercetuslah ‘parfume’. Wewangian ini mulanya dihasilkan dari pembakaran dupa, bahkan bentuknya pada pertama kali dibuat oleh Mesapotamia sekitar 4000 tahun yang lalu menyerupai dupa.

Ada pun parfum bermula dari budaya kuno dalam keagamaan Mesopotamia, lalu dupa kemudian masuk ke Mesid sekitar 3000 SM.

Namun begitu, sampai awal zaman Keemasan Mesir, parfum dipakai untuk ritual keagamaan semata.

Kemudian lahirlah parfum cair pertama yang diciptakan oleh orang Yunani, dengan turut menyertakan tekonologi penyulingan yang dilakukan orang-orang Bangsa Arab kala itu.

Parfum pun semakin dikenal selama abad ke-17, dimana parfum sudah difungsikan menjadi wewangian untuk menutupi bau badan di Prancis.

Kemudian menjalar ke Inggris, dimana parfum digunakan sebagai juga pengharum ruangan kerajaan yang kala itu dipimpin Henry VIII dan Ratu Elizabeth I.

Itu lah asal muasal hadirnya parfum di dunia. Kini, parfum sudah sangat modern, terlebih untuk parfum yang digunakan sebagai wawangian badan.

Tak hanya wangi yang bervariasi, namun juga berbagai bentuk, warna dan merk parfum kini sudah menjalar menjadi salah satu kebutuhan bagi manusia.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sejarah Hari Keadilan Internasional, Pentingnya Penegakan Hukum yang Jamin HAM

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Setiap tahun pada tanggal 17 Juli, dunia memperingati Hari Keadilan Internasional atau World Day for International Justice. Hari ini merupakan pengingat...

Sejarah Hari Revolusi Prancis : Peristiwa Penting dalam Perjalanan Demokrasi Modern

Setiap tanggal 14 Juli, Prancis merayakan Hari Revolusi Prancis, suatu peristiwa bersejarah yang menandai titik balik dalam sejarah bangsa tersebut dan mempengaruhi perkembangan politik dan sosial di seluruh dunia.

Selamat Hari Populasi Sedunia : Ini Makna dan Sejarahnya

Hari Populasi Dunia atau World Population Day diperingati pada 11 Juli di setiap tahunnya.

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS