BerandaNewsKesehatanMengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak dianjurkan, karena dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Mengapa demikian? Begini Penjelasannya.

Alasan Daging Tidak Boleh Dicuci

1. Menyebarkan Bakteri

Salah satu alasan utama mengapa daging tidak boleh dicuci adalah risiko penyebaran bakteri. Daging mentah sering mengandung bakteri patogen seperti Salmonella dan Campylobacter.

Penerbit Iklan Google Adsense

Ketika Sobat Holopis mencuci daging, air yang digunakan dapat menyebarkan bakteri ini ke permukaan lain di dapur. Ini meningkatkan risiko kontaminasi silang yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

2. Tidak Menghilangkan Bakteri

Mencuci daging tidak efektif dalam menghilangkan bakteri. Bakteri patogen yang ada di daging cenderung menempel kuat pada permukaan daging, dan mencucinya dengan air tidak cukup untuk menghilangkan bakteri tersebut.

Satu-satunya cara yang efektif untuk membunuh bakteri adalah dengan memasak daging, atau bisa juga merebusnya dengan suhu tertentu.

3. Kehilangan Nutrisi

Proses mencuci daging dapat menyebabkan hilangnya beberapa nutrisi penting. Air yang digunakan untuk mencuci dapat melarutkan vitamin dan mineral yang terdapat pada permukaan daging. Ini terutama berlaku untuk vitamin larut air seperti vitamin B dan C.

4. Mengurangi Kualitas Daging

Mencuci daging juga dapat mempengaruhi tekstur dan rasa daging. Air dapat meresap ke dalam serat daging, menyebabkan daging menjadi basah dan kurang gurih. Selain itu, proses pencucian dapat menghilangkan lapisan luar yang memberikan rasa khas pada daging.

Cara Menangani Daging dengan Benar

Untuk memastikan daging aman dikonsumsi tanpa harus mencucinya, berikut beberapa tips penanganan daging yang benar:

1. Masak pada Suhu yang Tepat

Pastikan untuk memasak daging pada suhu internal yang tepat untuk membunuh bakteri patogen. Gunakan termometer daging untuk memastikan suhu internal daging mencapai minimal 63°C untuk daging sapi, 74°C untuk unggas, dan 71°C untuk daging babi.

2. Jaga Kebersihan

Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menangani daging mentah. Bersihkan juga semua permukaan dan peralatan yang telah bersentuhan dengan daging mentah menggunakan sabun dan air panas.

3. Simpan dengan Benar

Simpan daging mentah di dalam kulkas pada suhu di bawah 4°C dan hindari menaruhnya di tempat yang dapat meneteskan cairan ke makanan lain. Jika tidak segera dimasak, simpan daging di dalam freezer.

4. Hindari Kontaminasi Silang

Pisahkan daging mentah dari makanan siap saji, dan gunakan alat masak yang berbeda untuk menangani daging mentah dan makanan lainnya.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mencuci daging sebelum dimasak adalah kebiasaan yang harus dihindari karena dapat menyebarkan bakteri dan tidak efektif dalam menghilangkannya.

Sebagai gantinya, fokuslah pada metode penanganan dan memasak yang tepat untuk memastikan daging aman dikonsumsi.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mandi pagi dengan air dingin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan salah satunya bisa meredakan gejala depresi. Berikut informasi...

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS