Rabu, 26 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanJarang Dilirik, Kepala Sapi Ternyata Kaya Manfaat

Jarang Dilirik, Kepala Sapi Ternyata Kaya Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Idul Adha, atau yang sering disebut Hari Raya Kurban merupakan momen istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada hari ini, umat Muslim menyembelih hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba.

Namun, salah satu bagian dari hewan kurban yang seringkali kurang mendapatkan perhatian adalah bagian kepala. Padahal bagian kepala ini, salah satunya kepala sapi memiliki berbagai manfaat yang tak kalah penting dari bagian daging lainnya.

Kandungan Gizi Kepala Sapi

Kepala sapi mengandung beragam nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Protein

Penerbit Iklan Google Adsense

Seperti bagian daging sapi lainnya, kepala sapi juga kaya akan protein. Protein ini penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, serta menjaga massa otot.

Kolagen

Bagian kepala sapi, terutama pada kulit, mengandung banyak kolagen. Kolagen adalah protein struktural yang penting untuk kesehatan kulit, rambut, kuku, dan persendian.

Zat Besi

Kepala sapi mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Zat besi dalam kepala sapi juga membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Fosfor

Fosfor yang terdapat dalam kepala sapi berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor juga penting untuk fungsi sel dan produksi energi.

Vitamin B

Kepala sapi kaya akan vitamin B, termasuk B12, B6, dan niacin. Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi saraf dan pembentukan DNA, sedangkan B6 dan niacin berperan dalam metabolisme energi.

Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Kepala Sapi

Mendukung Kesehatan Kulit dan Persendian

Kolagen yang tinggi dalam kepala sapi membantu menjaga elastisitas kulit dan kesehatan persendian. Konsumsi kolagen dapat mengurangi keriput dan meningkatkan kelembapan kulit, serta mencegah penyakit sendi seperti osteoarthritis.

Meningkatkan Massa Otot

Protein dalam kepala sapi bermanfaat untuk mempertahankan dan meningkatkan massa otot. Ini sangat penting bagi mereka yang aktif berolahraga atau sedang dalam fase pemulihan dari cedera.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam kepala sapi membantu mencegah anemia defisiensi besi. Ini sangat penting bagi wanita hamil, anak-anak, dan orang lanjut usia.

Menjaga Kesehatan Tulang

Fosfor dan kalsium yang terkandung dalam kepala sapi penting untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Nutrisi ini juga membantu dalam pemeliharaan gigi yang sehat.

Mendukung Fungsi Saraf

Vitamin B12 dan B6 dalam kepala sapi mendukung fungsi saraf yang sehat dan membantu dalam produksi neurotransmitter yang penting untuk kesehatan mental dan suasana hati.

Cara Mengolah Kepala Sapi

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kepala sapi, penting untuk mengolahnya dengan cara yang benar. Kapala sapi ini bisa Sobat Holopis olah menjadi berbagai macam masakan seperti halnya mengolah daging sapi lainnya, seperti sup, gulai hingga sate.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...

Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Mudah

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas hidup seseorang secara signifikan.

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Bisa Bikin Buta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komedian Adul sempat membuat kehebohan setelah sebuah gossip menyebutkan bahwa ia mengalami kebutaan. Klaim kebutaan itu terjadi disebutkan karena penyakit glaukoma...

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...

HOLOPIS FEEDS