TNI Sebut Teroris Papua Sudah Lakukan Pelanggaran HAM Berat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI menyebut bahwa teroris Papua atau disebut sebagai OPM (Organisasi Papua Merdeka) telah melakukan pelanggaran HAM berat.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Kristomei Sianturi menjelaskan, cap pelanggaran HAM berat itu baru layak dilakukan ketika teroris Papua menyerang warga sipil bernama Rusli hingga meninggal dunia.

“Tindakan keji dan tak berperikemanusiaan kepada masyarakat sipil ini jelas melanggar HAM berat,” kata Kristomei seperti dikutip Holopis.com dari unggahan akun Instagram TNI AD, Minggu (16/6).

Kristomei menyebut, penyerangan tersebut layak dicap pelanggaran HAM berat mengingat tindakan teroris Papua yang sudah nekat membakar supir sembako tersebut pasca ditembak.

“OPM dengan aksi biadabnya telah melakukan tindakan yang melanggar HAM (Hak Asasi Manusia) dengan membunuh warga masyarakat sipil yang berprofesi sebagai sopir Taksi bernama Daeng Rusli asal Makassar,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, teroris Papua telah menembak mati seorang supir angkutan sembako di Kampung Timida, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah hingga membakar habis kendaraannya.

“Pelaku penembakan dan pembakaran ini adalah KKB Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya yang selama ini melakukan aksi kriminal di Kabupaten Paniai,” kata Kasatgas Humas OPS Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno dalam keterangannya, Selasa (11/6).

Korban bernama Rusli berusia 40 tahun itu pun ditemukan warga sudah dalam kondisi terbakar di dalam mobil yang dibakar oleh para teroris Papua.

“Berdasarkan keterangan dari saksi, pada pukul 13.30 WIT, masyarakat yang datang dari arah Kampung Enarotali hendak ke Kampung Kopo, Distrik Paniai Timur, melihat satu unit mobil berada di pinggir jalan dan dalam keadaan terbakar dan sopirnya dalam keadaan tersungkur di dalam mobil serta terdengar bunyi suara tembakan,” jelasnya.

Dari keterangan saksi mata, terlihat sekelompok anggota KKB yang berjumlah 10 orang dengan membawa senjata api laras panjang ke luar dari alang-alang pinggiran jalan.

“Gerombolan KKB itu membuat masyarakat yang melihat kejadian tersebut takut dan langsung kembali ke arah Kampung Madi,” ucapnya.

Saat anggota tiba di TKP, Bayu menjelaskan bahwa kondisi korban sudah meninggal dunia dengan kondisi hangus terbakar di dalam mobil.

Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven

Recent Posts

Prabowo Pastikan Bakal Perkuat BPK : Tiap Rupiah Harus Kita Amankan!

Presiden Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto menanggapi harapan Presiden Jokowi perihal penguatan BPK di pemerintahan…

10 menit ago

Hamas Berniat Bebaskan Sandera, Meski Israel Tak Hentikan Serangan Permanen

Hamas mulai menunjukkan niat mereka untuk melakukan perjanjian dengan Israel terkait sandera yang masih di…

25 menit ago

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14…

40 menit ago

Pemkab Bekasi Lakukan Persiapan Hadapi Anomali Cuaca

Sejumlah persiapan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi dalam menghadapi ancaman bencana alam…

55 menit ago

Gerindra Anggap Nagita Slavina Sosok Pebisnis Beprestasi

Partai Gerindra menanggapi usulan PKB untuk mengajukan nama Nagita Slavina menjadi pendamping Bobby Nasution di…

1 jam ago

Kejagung Sita 5 Lahan dan Bangunan Milik dan Terafiliasi Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis

Penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita 5 (lima)…

1 jam ago