BerandaNewsRagamRahayu Saraswati Ajak Pemuda Sulawesi Gotong Royong

Rahayu Saraswati Ajak Pemuda Sulawesi Gotong Royong

Budaya kita berdasarkan Pancasila yaitu musyawarah mufakat. Kita tidak boleh menerapkan sistem winner di Indonesia, yang berlaku adalah sistem musyawarah.

HOLOPIS.COM, MAMUJU – Rembuk Pemuda telah sukses melebarkan sayap di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sebagai upaya dalam mendorong partisipasi dan inklusivitas gerakan pemuda dalam membangun Indonesia.

Founder Rembuk Pemuda, Aidil Pananrang menyampaikan bahwa kegiatan ini lahir sebagai upaya untuk membangun inklusivitas gerakan kepemudaan, yang hari ini cenderung terkotak-kotakkan, jalan masing-masing, dan sulit untuk bersatu.

Padahal menurutnya, persatuan anak muda adalah kekuatan untuk membawa bangsa ke arah yang lebih maju.

“Kita tahu bahwa memajukan bangsa tidak bisa hanya dilakukan oleh satu kelompok atau golongan, tidak bisa dilakukan oleh hanya satu warna atau satu latar belakang kepentingan saja. Sebaliknya, semua harus berembuk, berkolaborasi, serta berdiskusi dengan tidak mengedepankan perbedaan, melainkan mementingkan persatuan untuk membangun Indonesia,” kata Aidil Pananrang, dikutip Holopis.com, Minggu (16/6).

“Misal dalam kontestasi politik, kita tidak bisa menerapkan sistem winners take all atau yang menang menguasai semua, melainkan siapa pun pemenang seyogyanya menjadi pemimpin bagi semua”.

Penerbit Iklan Google Adsense

Rahayu Saraswati Tekankan Musyawarah Sebagai Prinsip yang Harus Dikedepankan Anak Muda

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pembina Rembuk Pemuda Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo menyampaikan bahwa model pergerakan anak muda harus sesuai dengan identitas kebangsaan Indonesia. Identitas itu adalah mengedepankan prinsip musyawarah mufakat yang mempersatukan untuk kebaikan masa yang akan datang.

“Budaya kita berdasarkan Pancasila yaitu musyawarah mufakat. Kita tidak boleh menerapkan sistem winner di Indonesia, yang berlaku adalah sistem musyawarah. Misal dalam kontestasi politik, kita tidak bisa menerapkan sistem winners take all atau yang menang menguasai semua, melainkan siapa pun pemenang seyogyanya menjadi pemimpin bagi semua. Kata kuncinya gotong royong,” kata Rahayu yang lebih akrab dipanggil Sara.

Sara yang merupakan anggota DPR RI Terpilih 2024-2029 tersebut juga berharap proses yang dijalani akan bisa membawa manfaat positif untuk masa depan Indonesia.

“Melalui proses ini, semua pihak akan berfokus kepada gerakan kolaborasi yang membawa kebaikan untuk masa depan bangsa”, pungkasnya.

Sebagai informasi, Rembuk Pemuda sebelumnya telah menginisiasi kegiatan ini di 13 Provinsi dengan membawa pesan persatuan untuk menegasikan berbagai egosentrisme gerakan, warna dan kepentingan yang biasanya muncul di kalangan anak-anak muda.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS