Imam Besar Istiqlal Singgung soal Waktu Tunggu Haji di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Imam besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar menyinggung perihal waktu tunggu pendaftaran ibadah haji di Indonesia yang terbilang sangat panjang.

Hal itu disampaikannya dalam acara Gema Tabligh Akbar dan Pesan Idul Adha 1445 Hijriah, yang berlangsung di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Minggu 16 Juni 2024 malam.

Mulanya, ia berpesan kepada seluruh umat muslim di Indonesia yang telah menunaikan ibadah haji khususnya, agar senantiasa menjaga amalan yang telah dilaksanakan di Tanah Suci sewaktu berhaji.

“Bagi kita semua yang telah menunaikan ibadah haji, mari kita merawat kemabruran haji kita,” pesan Nasaruddin dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (16/6).

Pesan itu disampaikan lantaran umat muslim di Indonesia belum tentu bisa melaksanakan kembali ibadah haji karena waktu tunggu pendaftaran jemaah haji yang terbilang sangat panjang.

“Belum tentu kita mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji, karena menunggu puluhan tahun untuk bisa melaksanakan ibadah haji,” jelasnya.

Bahkan di sejumlah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, seperti Bone, Soppeng hingga Sidrap, masyarakat yang mendaftar haji harus menunggu 43 tahun lamanya untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

Saking lamanya, Nasaruddin mengungkap, bahwa banyak masyarakat di sana yang sudah mendaftarkan anak mereka untuk berhaji sejak berada di bangku sekolah dasar (SD).

“Kalau sarjana baru mendaftarkan diri untuk ibadah haji, tambah 43 tahun, keburu tua, mungkin sudah tidak dapat lagi (meninggal),” ujarnya.

“Jadi siasat mereka kalau perlu begitu lahir didaftarkan ibadah haji, walaupun belum tentunya kewajiban untuk haji karena masih kecil, tetapi 43 tahun akan datang sudah bisa didaftarkan,” tandasnya.

belum tentunya kewajiban untuk haji karena masih kecil, tetapi 43 tahun akan datang sudah bisa didaftarkan,” tandasnya.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Tok! Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan Dikabulkan Hakim, Polda Jabar Kalah Telak

Hakim tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan atas status tersangka yang…

12 menit ago

Putusan Praperadilan Pegi Setiawan Dibacakan Hari Ini

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung dijadwalkan membacakan putusan praperadilan yang diajukannya, menentukan nasib Pegi…

32 menit ago

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di…

42 menit ago

Niat Hati Kampanye Anti Korupsi, Kementan Malah Dirujak Netizen

Kementerian Pertanian mengunggah sebuah flyer yang mengangkat tema anti korupsi, namun menggunakan konsep film yang…

3 jam ago

Manfaat Shalat Tahajud: Kebiasaan yang Mengubah Hidup

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Shalat ini memiliki…

7 jam ago

Aparat Tembak Mati Teroris Papua

Aparat gabungan TNI Polri melakukan penyerbuan markas teroris Papua di Topo, Nabire.

8 jam ago