Alhamdulillah, Mobilisasi Jemaah di Muzdalifah Rampung Lebih Awal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Subhan Cholid menyampaikan, bahwa proses mobilisasi jemaah haji Indonesia di Muzdalifah selesai lebih awal dari target.

Pada suasana yang belum terik, kata dia, seluruh jemaah haji Indonesia sudah diberangkatkan dari Muzdalifah menuju Mina, tepatnya pada pukul 07.37 Waktu Arab Saudi (WAS)

Alhamdulillah, pada jam saya, pukul 07.37 WAS, Muzdalifah sudah clear. Seluruh jemaah haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Mina,” terang Subhan dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (16/6).

“DPR menargetkan pukul 08.00 WAS. Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah, mobilisasi jemaah di Muzdalifah selesai hampir 30 menit lebih awal,” tegasnya.

Pada tahun lalu, lanjutnya, terjadi keterlambatan pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina. Pasalnya, proses mobilisasi jemaah pada tahun 2023 lalu berlangsung hingga pukul 13.30 WAS.

Keterlambatan itu pun menjadi pembelajaran berharga bagi pemerintah. Sehingga Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, kata Subhan, meminta Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk melakukan langkah antisipasi.

Sejumlah terobosan dilakukan, antara lain penerapan skema murur (melintas muzdalifah) tanpa turun dari bus bagi jemaah risiko tinggi, lanjut usia (lansia), dan penyandang disabilitas.

“Gus Men (Menag Yaqut) juga telah membagi tugas kepada seluruh jajarannya untuk terjun ke lapangan menyukseskan penyelenggaraan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” sebut Subhan.

Keberhasilan mobilisasi jemaah di Muzdalifah juga tidak terlepas dari proses koordinasi lintas pihak yang semakin kuat dan efektif.

Sejak semalam, PPIH berkoordinasi dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah (Kemenhaj) Arab Saudi dan pihak Masyariq untuk membahas antisipasi kepadatan Muzdalifah.

“Sejak malam, kami ajak diskusi pihak Kemenhaj, Naqabah (Organda Saudi), dan Masyariq. Kita matangkan langkah antisipasi agar sebelun terik matahari, jemaah sudah bergeser ke Mina seluruhnya,” terang Subhan Cholid.

“Baik PPIH, Kemenhaj, Naqabah, maupun Masyariq sepakat turun langsung ke lapangan untuk melihat perkembangan dan sekaligus ambil kebijakan,” sambungnya.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Arsenal Siap Sodorkan Gaji Gede Demi Datangkan Riccardo Calafiori

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Arsenal dikabarkan siap menggelontorkan dana besar demi mendatangkan Riccardo Calafiori, baik dari…

13 menit ago

Heru Budi Bakal Balik ke Istana Usai Jadi Pj Gubernur DKI

Usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tidak akan…

28 menit ago

BPKP NTT Komitmen Percepat Pengungkapan Kasus Korupsi Dana Covid-19

HOLOPIS.COM, NTT - Humas BPKP Provinsi NTT, Agnes Tiara menyampaikan pihaknya masih terus berkoordinasi secara…

43 menit ago

RESEP : Soto Madura, Maknyus Dimakan Saat Dingin

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kuliner kali ini ada Soto Madura, yang tentunya lezat dan nikmat.…

58 menit ago

Guru Besar IPB Yakin Program Makan bergizi Prabowo Bisa Berjalan Mulus

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Rachmat Pambudy meyakini program makan bergizi yang bakal terlaksana…

1 jam ago

Viral Password Pusat Data Nasional Pakai Admin#1234

Di X atau sebelumnya Twitter, ramai bahasan mengenai awal mula jebolnya Pusat Data Nasional yang…

1 jam ago