Categories: Polhukam

KPK Ogah Targetkan Waktu Penangkapan Harun Masiku

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KPK mengakui bahwa mereka memang tidak mempunyai target untuk proses penangkapan kader PDIP Harun Masiku yang telah buron selama empat tahun.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan, pihaknya hanya bisa berusaha seadanya untuk menangkap Harun Masiku. Salah satunya menurut Johanis, adalah dengan penetapan status DPO (Daftar Pencarian Orang).

“Kita itu manusia hanya berusaha ya, apapun alasannya kita tetap senantiasa berusaha untuk mencari dan menemukan. Makanya kita sudah minta ditetapkan sebagai DPO,” kata Johanis dalam pernyataannya pada Kamis (13/6) seperti dikutip Holopis.com.

Johanis kemudian menyinggung pernyataan Alexander Marwata yang sempat menargetkan menangkap Harun Masiku hanya dalam kurun waktu satu pekan.

“Jadi bukan kemudian Minggu depan, kita kan bukan tuhan,” ucapnya.

Johanis pun tidak ambil pusing dengan ralat pernyataan Alexander Marwata soal waktu penangkapan Harun Masiku. Sehingga, pihaknya sekali lagi tidak mau menargetkan kapan anak buah Megawati Soekarnoputri itu ditangkap.

“Bukan masalah ralat tidak ralat. Kita kalau boleh satu hari satu hari, tapi apakah kita tuhan menentukan itu? Kan enggak. Yang jelas kita saat ini berusaha mencari dan menemukan pelaku tindak pidana korupsi di negeri ini, siapapun dia,” tukasnya.

Dirinya memastikan KPK akan terus bekerja keras menangkap buronan Harun Masiku secepatnya.

“Ya, itu saya bilang kita semua punya usaha, tidak bisa menentukan tetapi kita senantiasa menjalankan tugas dengan baik dan benar. Tetap punya rasa tanggung jawab dalam artian senantiasa menjalankan tugas ini dan tegas untuk menangkap yang bersangkutan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Komisioner KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Alexander Marwata menyatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui lokasi kader PDIP Harun Masiku yang selama ini buron dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Alex berharap Harun Masiku segera menyerahkan diri saja, atau tim penyidik akan menyeretnya ke gedung merah putih, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan

.“Saya pikir sudah (diketahui lokasi Harun Masiku -red) oleh penyidik. Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkep. Mudah-mudahan,” kata Alex dalam pernyataannya, Selasa (11/6).

Kemudian, Alex juga menepis adanya anggapan kelanjutan proses hukum Harun Masiku berkaitan dengan konstelasi politik.Ia mengaku telah menanyakan kepada seluruh pimpinan KPK untuk memastikan tidak ada pihak yang mendompleng kepentingan.

“Sebenarnya nggak ada hubungannya ya karena kalau dari pimpinan sendiri nggak sampai ke sana. Nggak ada yang menghubungi satu pun pimpinan di antara empat,” ujarnya.“

Dan saya sudah tanya apakah ada perintah dari siapa pun pihak di luar? ‘Nggak ada, Pak Alex’. Ini normatif saja,” imbuhnya.

Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven

Recent Posts

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi…

6 menit ago

Arsenal Siap Sodorkan Gaji Gede Demi Datangkan Riccardo Calafiori

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Arsenal dikabarkan siap menggelontorkan dana besar demi mendatangkan Riccardo Calafiori, baik dari…

21 menit ago

Heru Budi Bakal Balik ke Istana Usai Jadi Pj Gubernur DKI

Usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tidak akan…

36 menit ago

BPKP NTT Komitmen Percepat Pengungkapan Kasus Korupsi Dana Covid-19

HOLOPIS.COM, NTT - Humas BPKP Provinsi NTT, Agnes Tiara menyampaikan pihaknya masih terus berkoordinasi secara…

51 menit ago

RESEP : Soto Madura, Maknyus Dimakan Saat Dingin

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kuliner kali ini ada Soto Madura, yang tentunya lezat dan nikmat.…

1 jam ago

Guru Besar IPB Yakin Program Makan bergizi Prabowo Bisa Berjalan Mulus

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Rachmat Pambudy meyakini program makan bergizi yang bakal terlaksana…

1 jam ago