BerandaNewsEkobizJokowi Beri Warning Ancaman Neraka Iklim : Panas Sekali ...

Jokowi Beri Warning Ancaman Neraka Iklim : Panas Sekali …

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, bahwa dunia saat ini tengah menuju pada ancaman neraka iklim, dimana suhu dunia akan mencapai rekor tertingginya.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan TPID Award yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta pada Jumat 14 Juni 2024.

Dalam kesempatan itu, menyinggung ihwal peringatan Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Antonio Guterres terkait kondisi iklim dunia, dimana suhu udara di 80 persen planet bumi akan menembus angka 1,5 derajat celcius.

Atas hal itu, Jokowi pun mewanti-wanti agar tetap berhati-hati dan tidak lengah dalam menghadapi ancaman neraka iklim tersebut.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Hati-hati, tidak boleh lengah, tantangan ke depan. saya kira bapak ibu semuanya sudah mendengar warning dari Sekjen PBB bahwa dunia menuju pada neraka iklim, neraka iklim,” kata Jokowi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (!4/6).

Menurut Jokowi, neraka iklim saat ini sudah mulai mendekati sebagian negara di kawasan Asia, termasuk Indonesia yang akhir-akhir mulai merasakan adanya gelombang panas.

“Hati-hati. Satu tahun terakhir ini kita rasakan betul adanya gelombang panas, periode terpanas. Di India bahkan sampe 50 derajat, di Myanmar 45,8 derajat, panas sekali,” ujarnya.

Jokowi lantas menyoroti dampak dari neraka iklim tersebut, utamanya adalah pangan. Menurutnya, dampak iklim yang mengarah pada permasalahan pangan merupakan hal yang perlu diwaspadai.

“Kalo orang panas mungkin bisa masuk ke rumah, berteduh, bisa. Tapi urusan pangan, hati-hati masalah ini,” tegas Jokowi mengingatkan.

Jokowi kemudian menyitir pernyataan World Health Organisation (WHO), yang menyebut adanya permasalahan kelaparan berat di tahun 2050, jika ihwal neraka iklim didiamkan begitu saja tanpa adanya upaya antisipasi.

Oleh sebab itu, ia mengatkan pemerintah telah melakukan upaya antisipasi dengan melakukan pompanisasi air lebih dari 20 ribu titik di setiap daerah, terutama pada area sawah yang bisa memproduksi beras.

“Ini yang harus direncanakan, diantisipasi sejak mulai sekarang. Karena diperkirakan 50 juta petani akan kekurangan air. Nggak ada air. Dan akan masuk pada tadi. kekurangan air,” tandas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS