BerandaNewsRagamLima Kecamatan di Kabupaten Kerinci Terdampak Banjir dan Longsor

Lima Kecamatan di Kabupaten Kerinci Terdampak Banjir dan Longsor

HOLOPIS.COM, JAMBI – Bencana banjir melanda sejumlah Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi hingga menyebabkan longsor.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, kondisi banjir di Kabupaten Kerinci disebabkan kondisi hujan lebat dengan durasi cukup lama.

“Akibat tingginya intensitas hujan membuat sungai meluap dan menimbulkan banjir sejak beberapa hari lalu,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (12/6).

Akibat bencana banjir tersebut, Abdul juga menjelaskan bahwa menyebabkan juga mengakibatkan struktur tanah menjadi labil dan terjadi longsor yang menutup akses Jalan Nasional pada Selasa (11/6) pukul 14.00.

Penerbit Iklan Google Adsense

Peristiwa banjir dan longsor ini melanda lima Kecamatan di Kabupaten Kerinci, tercatat empat Kecamatan yang terdampak oleh Banjir yaitu Kecamatan Gunung Kerinci, Kecamatan Danau Kerinci, Kecamatan Depati dan Kecamatan Siulak Mukai, dan satu Kecamatan terdampak oleh tanah longsor yaitu Kecamatan Siulak.

“Sebanyak 300 KK dan 300 rumah terdampak akibat peristiwa banjir yang tercatat ketinggian air nya mencapai 10-80 cm,” jelasnya.

Kejadian ini dikatakan Abdul, juga mengakibatkan akses Jalan Nasional dari Desa Lubuk Nagodang via Padang, Sumatera Barat terputus dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

“Hal itu karena tertimbun material longsor dengan volume panjang 20 meter dan ketinggian mencapai satu meter,” tukasnya.

Abdul menambahkan bahwa BPBD Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Provinsi Jambi terus melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan aparat setempat untuk proses distribusi bantuan berupa selimut, terpal serta kebutuhan permakanan untuk warga terdampak.

“Selain itu upaya pembersihan material banjir dan longsor dengan mengerahkan dua excavator yang menimbun akses Jalan Nasional agar jalur tersebut kembali bisa dilalui oleh masyarakat,” tuntasnya.

Kondisi mutakhir menyebutkan bahwa kondisi air berangsur mulai surut dan akses Jalan Nasional sudah bisa dilalui oleh kendaraan.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hujan Deras, Turap Dinding Tol JORR Bintaro Longsor

HOLOPIS.COM, TANGSEL - Akibat hujan deras turap dinding di bantara ruas Tol JORR, di Jalan Mulia Bhakti, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan longsor, sekitar pukul...

Tahun Baru Islam Libur Nasional? Begini Ketentuannya

Biasanya, pemerintah menetapkan perayaan keagamaan seperti tahun baru Islam sebagai sebagai libur nasional. Lantas, apakah tahun baru Islam 1446 Hijriah masuk dalam daftar hari libur nasional?

Menag Ajak Umat Jadikan Tahun Baru Islam Semangat Hijrah

Menag mengajak untuk menjadikan semangat tahun baru ini sebagai inspirasi melakukan evaluasi dan perbaikan diri.

Rekomendasi Oleh-oleh di Jakarta Fair 2024 Untuk Dibawa Pulang

Jakarta Fair Kemayoran 2024 masih berlangsung, masih banyak yang bisa dikunjungi. Salah satunya, yakni oleh-oleh yang bisa didapatkan tanpa perlu jauh-jauh ke kota asalnya.

Puslabfor Masih Menyelidiki Kebakaran Revo Mall Bekasi

Bekasi,Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji menyebutkan bahwa penyebab kebakaran Revo Mall yang terjadi pada Sabtu 22 Juni 2024 lalu belum diketahui,Untung juga menyebut...

Heru Akan Pasang Kembali Papan Plang Jakhabitat Yang Hilang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Papan plang Jakhabitat era Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Rusunami Cilangkap, Jakarta Timur hilang. Hilangnya papan tersebut sempat diunggah...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS