Rabu, 19 Juni 2024
BerandaNewsEkobizLuhut Sebut Utang RI Aman, Masih Bisa Lanjutkan IKN

Luhut Sebut Utang RI Aman, Masih Bisa Lanjutkan IKN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim besaran utang pemerintah masih tergolong aman.

Meskipun secara nominal terus meningkat, namun Luhut mengklaim utang pemerintah jika dilihat dari rasionya yang di angka 36 persen, masih tergolong sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Ada yang bilang utang kita tinggi, rasio kita terhadap GDP masih 36 persen, masih sangat rendah dibandingkan banyak negara,” kata Luhut dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (10/6).

Luhut mengatakan, bahwa kondisi keuangan Indonesia selama 5 tahun ke depan akan tetap terjaga, meskipun rasio belanja negara mencapai 2,5 persen lebih besar daripada pendapatan negara.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Di kantor saya mereka bikin ekonomi model, kita bisa liat 5 tahun ke depan itu kita sekarang tidak ada masalah dengan budget defisit 2,5 persen,” papar Luhut.

Oleh karenanya, ia merasa sangat optimis berbagai program-program unggulan pemerintah saat ini, maupun pemerintah yang akan datang dapat terlaksana dengan baik, bahkan tanpa mengorbankan keberlanjutan fiskal.

Termasuk di antaranya program unggulan pemerintah saat ini yakni pembangunan dan pemindahan ibu kota ke IKN, proyek Tol Sumatra, hingga program unggulan Presiden terpilih Prabowo Subianto yakni makan bergizi.

“Ini kita bisa menyelesaikan ibu kota, ini kita bisa menyelesaikan Tol Sumatra, kita juga bisa menyelesaikan proyek-proyek lain, makan bergizi, yang itu akan dilakukan secara bertahap,” ucap Luhut.

Dia menegaskan, bahwa sejauh ini utang negara masih sangat rasional. Ia menekankan, peningkatan defisit APBN 2025 yang sebelumnya sempat menuai sorotan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, dengan tetap memperhatikan kondisi fiskal.

“Kita nggak ada masalah. Utang kita masih reasonable untuk dibayar. Koordinasi peningkatan defisit dalam batas realokasi belanja menjadi produktif dan semua ini kita lakukan bertahap, berkelanjutan, fiskal juga terjaga,” terangnya lagi.

Penerbit Iklan MGID
Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Makin Gacor, Nilai Ekspor RI Tembus US$ 22,33 Miliar di Mei 2024

Badan Pusat Statistik (BPS) RI mencatat kinerja ekspor Indonesia pada periode bulan Mei 2024 mengalami peningkatan, baik secara bulanan maupun tahunan.

Menyala! Harga Emas Antam Hari Ini Naik Jadi Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari Rabu 19 Juni 2024.

Cek Promo Sepeda Listrik di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024, kembali berlangsung hingga bulan 14 Juli 2024. Dalam acara tersebut, banyak promo dan diskob menarik yang ditawarkan bagi Sobat Holopis.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono Jateng 1

HOLOPIS FEEDS