Rabu, 19 Juni 2024
BerandaNewsRagamSingkong Cocok Buat Menu Sarapan, Soalnya Gede Banget Manfaatnya

Singkong Cocok Buat Menu Sarapan, Soalnya Gede Banget Manfaatnya

Selain memiliki rasa yang lezat, singkong juga memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan asupan pangan dan kesehatan.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Singkong (Manihot utilisima atau Manihot esculenta crantz) atau yang dikenal juga sebagai ubi kayu, adalah salah satu sumber pangan yang penting di banyak bagian dunia, terutama di daerah tropis.

Selain memiliki rasa yang lezat, singkong juga memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan asupan pangan dan kesehatan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beragam manfaat singkong serta bagaimana mengintegrasikannya ke dalam pola makan sehari-hari untuk mendapatkan manfaat optimal.

Kandungan Gizi Singkong

Singkong kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa nutrisi utama yang terkandung dalam singkong:

Penerbit Iklan Google Adsense

1. Karbohidrat
Singkong merupakan sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh, yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Makanya, singkong paling enak dijadikan menu sarapan Sobat Holopis saat hendak berangkat kerja, atau menjadi cemilan pagi di kantor.

2. Serat
Singkong mengandung serat makanan yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

3. Vitamin dan Mineral
Singkong mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin B6, folat, kalsium, magnesium, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Antioksidan
Singkong juga mengandung antioksidan seperti betakaroten dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Singkong mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid dan polifenol yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat yang tinggi dalam singkong juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menyehatkan Pencernaan
Serat dalam singkong membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat ini membantu melancarkan proses pencernaan, mencegah sembelit, dan memperbaiki flora usus.

3. Menurunkan Risiko Diabetes
Kandungan karbohidrat kompleks dalam singkong dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini membuatnya menjadi pilihan makanan yang baik bagi orang yang memiliki risiko diabetes tipe 2.

Penerbit Iklan MGID
Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Lokasi SIM Keliling Hari Rabu 19 Juni di Wilayah Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Rabu 19 Juni 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Ini Lokasi Samsat Keliling Hari Rabu 19 Juni di Jadetabek

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Rabu 19 Juni 2024.

Cuaca Jakarta Hari Ini DIprediksi Cerah Seharian, Bakal Panas Gila Nih!

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Rabu 19 Juni 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono Jateng 1

HOLOPIS FEEDS