Categories: Internasional

Prabowo Subianto Wakili Presiden Jokowi Serukan Gencatan Senjata di KTT Gaza

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto telah bertolak ke Yordania pada Minggu (9/6) bersama sejumlah rombongan terbatas.

Keberangkatan Prabowo Subianto itu diketahui merupakan instruksi dari Presiden Jokowi untuk menghadiri KTT yang bertajik “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” atau “Seruan Aksi Tanggap Darurat Bencana Kemanusiaan di Gaza”.

Kabiro Humas Setjen Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan, dalam acara yang berlangsung pada Selasa (11/6), Prabowo bakal menyerukan gencatan senjata antara Palestina dan Israel.

“Konferensi ini diselenggarakan sehubungan dengan seruan gencatan senjata di Gaza, dengan tujuan agar para kepala negara dapat mengidentifikasi cara-cara untuk memperkuat tanggapan komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung,” kata Edwin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (10/6).

Edwin kemudian menjelaskan, Menhan Prabowo sebelumnya juga telah menerima undangan yang disampaikan melalui surat dari President of the Arab Republic of Egypt, Abdel Fattah El Sisi, King of the Hashemite Kingdom of Jordan Abdullah II ibn Al Hussein, dan Secretary-General of the United Nations Antonio Guterres kepada Presiden Joko Widodo pada 30 Mei 2024.

“Konferensi ini diselenggarakan bersama oleh Kerajaan Hasyimiyah Yordania, Republik Arab Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 11 Juni 2024 di Yordania,” imbuhnya.

Edwin mengatakan kehadiran perwakilan Pemerintah Indonesia sangat dinanti. Dia menyebut perwakilan dari Pemerintah Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama mengatasi krisis kemanusiaan di Gaza.

“Dengan kehadiran perwakilan dari Pemerintah Indonesia dalam konferensi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama mengatasi krisis kemanusiaan di Gaza,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa dirinya telah ditugaskan secara langsung oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo) untuk hadir dalam KTT Gaza.

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029 itu ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk mewakili Indonesia dalam KTT Gaza yang berlangsung di Amman, Yordania pada 11 Juni 2024 mendatang.

“Saya dapat tugas mewakili Indonesia dalam KTT Gaza yang akan diselenggarakan 11 Juni yang akan datang di Amman, Yordan,” kata Prabowo dalam pernyataannya pada Jumat (7/6).

“Presiden RI Pak Jokowi telah mengintruksikan saya, untuk Indonesia siap mengirim pasukan perdamaian dalam jumlah kekuatan yang signifikan dan juga kami siap segera mengirim tenaga rumah sakit lapangan untuk beroperasi di daerah Gaza. Dalam hal ini, kita akan kerja sama dengan mitra kita di kawasan tersebut, Uni Emirat Arab (UEA),” jelasnya.

Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven

Recent Posts

Hakim Agung Gazalba Saleh Kembali Ngandang

Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh kembali berstatus terdakwa gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU)…

9 menit ago

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri…

24 menit ago

Jokowi Optimis Prabowo Mampu Kelola Keuangan Negara dengan Baik

Presiden Jokowi (Joko Widodo) memberikan wanti-wanti kepada BPK dan sejumlah lembaga negara untuk bersiap untuk…

39 menit ago

KPK Tetapkan 2 Tersangka Korupsi Proyek Shelter Tsunami NTB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua tersangka korupsi dugaan Pembangunan Tempat Evakuasi Sementara (TES) ...

59 menit ago

Polda Jabar Girang Putusan Praperadilan Pegi Setiawan Tak Bahas Ganti Rugi

Polda Jabar mengaku hanya bisa pasrah dengan putusan Hakim Tunggal PN Bandung atas gugatan praperadilan…

1 jam ago

Chand Kelvin Resmi Menikah, Sah Jadi Suami Orang

Artis Indonesia Chand Kelvin akhirnya melepas masa lajang dan menikahi Dea Sahirah. Hari berbahagia untuk…

1 jam ago