Selasa, 18 Juni 2024
BerandaNewsPolhukamHabib Rizieq Bebas Murni

Habib Rizieq Bebas Murni

Ditjen PAS Kemenkumham memastikan Muhammad Rizieq Shihab bebas murni pada hari Senin ini. Hal ini pasca imam besar FPI (Front Persaudaraan Islam) tersebut menjalani masa bebas bersyarat karena kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI memastikan Muhammad Rizieq Shihab (Habib Rizieq) bebas murni pada hari Senin ini. Hal ini pasca imam besar FPI (Front Persaudaraan Islam) tersebut menjalani masa bebas bersyarat karena kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Bebas murni Habib Rizieq tersebut disampaikan oleh Ketua Kelompok Kerja Humas Ditjen PAS Deddy Eduar Eka Saputra. Ia mengatakan bahwa masa pembimbingan terhadap Rizieq Shihab berakhir karena telah selesai menjalani masa pembimbingan kemasyarakatan berdasarkan putusan pengadilan atau keputusan menteri maupun pimpinan lembaga.

“⁠Masa pembimbingan berakhir tanggal 10 Juni 2024 dan menerima surat pengakhiran bimbingan yang ditandatangani oleh Kepala Bapas (Balai Pemasyarakatan) Kelas I Jakarta Pusat,” kata Deddy, Senin (10/6) seperti dikutip Holopis.com.

Deddy mengatakan, Rizieq Shihab telah melaksanakan dengan tertib pembimbingan di Bapas Kelas I Jakarta Pusat, setelah sebelumnya bebas bersyarat dan keluar dari Rutan Bareskrim Polri pada 20 Juli 2022.

Adsense

⁠”Selama menjalani pembimbingan di Bapas Kelas I Jakarta Pusat, yang bersangkutan melaksanakan dengan tertib sesuai dengan jadwal pembimbingan oleh Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Kelas I Jakarta Pusat,” ujarnya.

Bebasnya Habib Rizieq tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menkumham RI Nomor: PAS- 1508.PK. 05.09 Tahun 2022 tentang Pembebasan Bersyarat dan Berita Acara Penyerahan Narapidana Pembebasan Bersyarat ke Bapas Jakarta Pusat No. W10.PAS.PAS10.PK.05.09.3824 tanggal 20 Juli 2022. Hal ini pun dibenarkan oleh kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar Prihatin.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, mendukung dan mendoakannya dalam masa pembebasan bersyarat tersebut,” kata Aziz.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Rizieq Shihab divonis empat tahun pidana penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur atas kasus tes usap (swab test) di Rumah Sakit Ummi Bogor pada Juni 2021. Sementara itu, pada November 2021, Mahkamah Agung mengurangi masa penahanan Rizieq Shihab menjadi dua tahun penjara.

Suami Syarifah Mona Hasinah Alaydrus itu juga divonis delapan bulan penjara untuk pelanggaran karantina kesehatan pencegahan COVID-19 di dua lokasi, yakni Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Kemudian, Rizieq mendapatkan Pembebasan Bersyarat pada 20 Juli 2022 dengan rincian tanggal ditahan 12 Desember 2020, ekspirasi akhir 10 Juni 2023, dan habis masa percobaan 10 Juni 2024.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Ini Tampang Eks Anggota Kodam Brawijaya yang Bergabung ke Teroris Papua

Aparat gabung TNI Polri telah menembak mati seorang desertir atau eks anggota TNI Danis Murib saat proses pengejaran teroris Papua pimpinan Undius Kogoya.

Jerry Massie Yakin KPK Segera Tangkap Harun Masiku

Direktur eksekutif Political Public and Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan bahwa KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) pasti menangkap Harun Masiku dalam waktu dekat.

Muhadjir Pastikan Transisi Pemerintahan Berjalan Dengan Mulus

Muhadjir Effendy menyebut bahwa tidak ada kendala yang signifikan dalam persiapan transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi (Joko Widodo) ke Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS