Categories: History

Sejarah Flashdisk, Kalian Harus Terima Kasih Sama Pria Asal Jepang Ini!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak digunakan hingga saat ini. Dengan bentuknya yang sederhana namun bisa memuat banyak data, flashdisk jadi salah satu andalan untuk menyimpan sebuah file apa pun yang terdapat di komputer.

Bagi sobat Holopis yang menggunakan flashdisk untuk menyimpan materi kuliah, pekerjaan kantor, data pribadi, dan lain sebagainya, kalian harus berterima kasih dengan pria bernama Fujio Masuoka asal Jepang, dia lah sosok yang menemukannya.

Lantas, siapa Fujio Masuoka, dan bagaimana mulanya flashdisk itu ditemukan?

Fujio Masuoka merupakan pria yang lahir di Takasaki, Gunma, Jepang pada 8 Mei 1943. Fujio seorang penemu flashdisk. Bersamanya, ada seseorang yang juga berjasa yakni Shoji Ariizumi, dimana dia lah yang kemudian menamakan media penyimpanan tersebut bernama flash yang berkembang menjadi flashdisk.

Pada tahun 1972 dan 1984, Fujio kemudian membuat sebuah karya dengan membuat pasangan sel memori dinamis dengan struktur poli-silikon ganda.

Kemudian di tahun 1977, Fujio mengembangkan sebuah memori 1Mbit DRAM di divisi semikonduktor Toshiba. Setelah itu pada tahun 1980, Fujio beralih ke divisi produk rekayasa memori Thosiba untuk mengembangkan memori flash.

Kemudian di tahun 1984, Fujio kembali pindah divisi dan masuk ke divisi desain memori rekayasa Toshiba, dimana ketika itu ia bertugas menyempurnakan serta mematenkan memori flash NOR.

Berselang setahun, Fujio mengembangkan flash memory 256Kbit, kemudian mampu mengembangkan proyek lain bernama NAND-type flash memory, dimana alat itu merupakan cikal bakal yang saat ini dinamakan flashdisk.

Itu lah awal mula perjalanan Fujio sebelum akhirnya menemukan yang namanya flashdisk, meski begitu, perjalanan karirnya masih lah panjang sampai pada akhirnya flashdisk mencapai tahap sempurna untuk bisa berfungsi menyimpan sesuatu.

Kini, sudah banyak sekali merk dari jenis flashdisk itu sendiri dengan kapasitas memori yang sudah menyebut Giga atau bahkan Tera byte.

Selain daripada itu, flashdisk saat ini sangat lah beragam, dimana bentuk-bentuk flashdisk bervariasi dan banyak pilihan warna, sehingga bisa menarik minat lebih untuk penggunanya.

Achmad Husin Alifiah

Share
Published by
Achmad Husin Alifiah
Tags: Sejarah

Recent Posts

Alila Villas Uluwatu Bisa Jadi Pilihan Untuk Liburan Bersama Keluarga

Alila Villas Uluwatu bisa jadi tempat pilihan bagi keluarga, untuk mengisi waktu liburan. Di lokasi…

22 menit ago

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal…

52 menit ago

Paula Verhoeven Pakai Hijab Gegara Takut Mati

Paula Verhoeven sudah mantap untuk mengenakan hijab sebagai seorang muslimah. Alasan Paula memutuskan untuk berhijab…

1 jam ago

Posisi Seks Gajah Duduk,

Bagi pasangan yang mencari pengalaman seksual yang mendebarkan dan membangkitkan gairah, posisi seks gajah terbang…

2 jam ago

Prabowo Subianto Puji Design Jersey Olimpiade Paris 2024

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri peluncuran jersey tim nasional Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024…

2 jam ago

KPU Ogah Minta Maaf Untuk Skandal Seksual Hasyim Asyari

KPU RI memastikan bahwa pihaknya tidak akan mengajukan permintaan maaf kepada publik atas kasus pelecehan…

2 jam ago