BerandaNewsEkobizAsing Ramai Tanam Modal ke RI, Nilainya Capai Rp 2,42 Triliun Dalam...

Asing Ramai Tanam Modal ke RI, Nilainya Capai Rp 2,42 Triliun Dalam Sepekan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat modal asing mengalir masuk ke pasar keuangan Indonesia dalam sepekan ini. Tercatat selama periode 3-6 Juni 2024, modal asing yang masuk mencapai Rp 2,42 triliun.

Direktur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menyampaikan, aliran modal asing itu masuk melalui Sekuritas Rupiah BI (SRBI). Namun ada pula modal asing yang keluar melalui pasar saham dan Surat Berharga Negara (SBN).

Tercatat, dana asing yang masuk melalui SRBI sebanyak Rp 4,53 triliun. Namun di sisi lain, modal asing yang keluar melalui pasar saham sebesar Rp 1,45 triliun dan SBN sebesar Rp 660 miliar.

“Berdasarkan data transaksi 3-6 Juni 2024, nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat beli neto Rp 2,42 triliun,” ujar Erwin dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (8/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Dengan demikian, berdasarkan data setelmen sejak awal Januari hingga 6 Juni 2024 atau secara tahun kalender, BI mencatat adanya aliran modal asing masuk atau beli neto sebesar Rp 52,94 triliun.

Nilai itu, kata Erwin, terdiri dari SRBI yang mengalami aliran modal asing masuk sebesar Rp 101,34 triliun. Sementara pada pasar saham terjadi aliran modal asing keluar sebesar Rp 8,01 triliun, dan pasar SBN sebesar Rp 36,02 triliun.

Seiring dengan banyaknya modal asing yang masuk ke RI pada pekan ini, premi risiko investasi atau premi credit default swaps (CDS) Indonesia 5 tahun turun ke level 70,50 bps per 6 Juni 2024.

Padahal pada pekan sebelumnya, yakni per 31 Mei 2024, nilai premi risiko investasi itu berada di level 71,18 bps.

Di sisi lain, tingkat imbal hasil (yield) SBN tenor 10 tahun tercatat menurun ke level 6,896 persen. Begitu pula yield surat utang AS atau US Treasury tenor 10 tahun yang juga turun ke level 4,287 persen.

“BI terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait, serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia,” tutup Erwin.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS