Selasa, 18 Juni 2024
BerandaIslampadAmalan di Awal Bulan Zulhijah, Pahalanya Seperti Berhaji dan Umrah

Amalan di Awal Bulan Zulhijah, Pahalanya Seperti Berhaji dan Umrah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bulan Zulhijah merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam. Di bulan ini terdapat hari-hari yang penuh berkah dan keutamaan, terutama pada sepuluh hari pertama.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Banyak amalan yang dianjurkan pada hari-hari ini yang pahalanya disebut-sebut setara dengan haji dan umrah. Berikut ini adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan di awal bulan Zulhijah beserta dalil-dalil yang mendasarinya.

1. Puasa

Puasa di sembilan hari pertama bulan Zulhijah, terutama pada hari Arafah (9 Zulhijah), sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda:

Adsense

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: “صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ.” (رواه مسلم)

Terjemahan: “Dari Abu Qatadah r.a., Rasulullah SAW bersabda: ‘Puasa pada hari Arafah, aku berharap kepada Allah untuk menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim).

2. Dzikir dan Takbir

Memperbanyak dzikir, takbir, tahmid, dan tahlil pada hari-hari awal Zulhijah sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنَ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ. (رواه أحمد)

Terjemahan: “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan tidak ada amal yang lebih dicintai-Nya daripada hari-hari ini (sepuluh hari pertama Zulhijah). Maka perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya.” (HR. Ahmad).

3. Shalat Sunnah

Menambah shalat sunnah, terutama shalat malam (qiyamul lail) dan shalat dhuha, sangat dianjurkan pada hari-hari ini. Rasulullah SAW bersabda:

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الْجَسَدِ. (رواه الترمذي)

Terjemahan: “Hendaklah kalian mengerjakan qiyamul lail (shalat malam), karena itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari dosa, menghapuskan kesalahan, dan mengusir penyakit dari tubuh.” (HR. Tirmidzi).

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

6 Sunnah Saat Idul Adha

Dalam merayakan Hari Raya Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Amalan-amalan ini tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara sesama umat Muslim.

Begini Bacaan Niat Kurban untuk Diri Sendiri dan Keluarga

ibadah kurban sarat akan nilai-nilai spiritual yang mendalam. Maka dalam melaksanakannya, niat menjadi kunci utama untuk meraih pahala dan kesempurnaan.

Sunnah Memotong Kuku dan Rambut Setiap Malam Jumat

Dalam Islam, menjaga kebersihan dan merawat diri adalah bagian dari ibadah. Salah satu amalan sunnah yang sering dilakukan oleh umat Muslim adalah memotong kuku dan rambut.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS