Selasa, 18 Juni 2024
BerandaNewsRagamKurangi Pencemaran Laut, Kementerian KKP Lakukan Aksi Bersih-Bersih Pantai

Kurangi Pencemaran Laut, Kementerian KKP Lakukan Aksi Bersih-Bersih Pantai

HOLOPIS.COM, MINAHASA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar aksi bersih pantai dan laut di Desa Tateli Satu, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Sabtu (08/06). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day setiap tanggal 8 Juni.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut (PKRL), Victor Gustaaf Manoppo mengatakan, saat ini banyak laut yang telah tercemar sampah plastik, padahal laut dengan segala keunikan, keanekaragaman hayati, dan kekayaan sumber dayanya telah dan akan tetap menjadi harapan dan masa depan bangsa.

“Laut bukanlah tempat sampah raksasa. Pasalnya Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi ancaman bagi laut, ekosistem, dan pasti akan berdampak kepada kita,” katanya, saat siaran tertulisnya, Sabtu (8/6).

Victor mencontohkan sampah plastik yang jika tidak dikelola dengan baik, maka akan menjadi mikro dan nano plastik yang akan merusak ekosistem pesisir dan termakan oleh biota laut. Hal ini tentunya akan berdampak terhadap kesehatan laut, produktivitas perairan bahkan kesehatan manusia.

Adsense

Kementerian Kelautan dan Perikanan telah dan terus menindaklanjuti komitmen Indonesia dalam penanganan sampah plastik di laut dengan target pengurangan sampah plastik 70% hingga tahun 2025 sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 83 Tahun 2018.

“Hingga tahun 2022 penurunan sampah plastik di laut baru mencapai 35,36% (Data TKN-PSL),” ujarnya.

Adapun beberapa program berkelanjutan yang telah dilaksanakan menurut Victor, berupa edukasi, kampanye, dan aksi nyata pembersihan sampah di laut dengan partisipasi nelayan melalui Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut. Aksi ini telah diinisiasi sejak tahun 2022 di 14 Kab./Kota dengan total sampah terkumpul 89,44 ton oleh 1.508 nelayan dan di tahun 2023 di 18 Kab/Kota dengan total sampah terkumpul 171,78 ton oleh 1.350 nelayan.

Sedangkan di tahun 2024 ini, tambah Dirjen Victor, Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut dilaksanakan secara serentak di 22 Kab/Kota seluruh Indonesia yang melibatkan 1.760 nelayan.

Khusus pada kegiatan yang digelar di Desa Tateli Satu, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa yang diikuti oleh lebih dari 250 peserta berhasil mengumpulkan sebanyak 1.259,9 Kg (1.25 ton). Dimana sampah organik sebanyak 377,6 Kg (daun, ranting), Anorganik 872,3 Kg (didominasi botol plastik, plastik kemasan).

“Melalui Bulan Cinta Laut yang diusung Kementerian Kelautan dan Perikanan, diupayakan dapat tercipta sebuah upaya pemerintah yang berkolaborasi bersama masyarakat dan berbagai mitra dalam mengendalikan sampah plastik yang masuk ke laut serta kegiatan penanggulangan sampah yang mudah diadopsi masyarakat dalam skala lokal,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Begini Prakiraan Cuaca Jakarta di Hari Kedua Idul Adha

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Selasa 18 Juni 2024.

Pramono Anung : Idul Adha Tingkatkan Welas Asih

Pramono Anung Wibowo menyampaikan pesan penting tentang peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024 yang sarat dengan makna dan harapan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Tips Turunkan Kolesterol Pasca Makan Daging Hari Raya Idul Adha

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Setelah merayakan Hari Raya Idul Adha, sama seperti Idul Fitri, perut penuh dengan santapan spesial, terutama olahan daging kambing atau sapi....
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS