BerandaNewsEkobizJelang Akhir Pekan, IHSG Dibuka Bertengger di Zona Hijau

Jelang Akhir Pekan, IHSG Dibuka Bertengger di Zona Hijau

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau bertengger di zona hijau pada pembukaan perdagangan menjelang akhir pekan ini Jumat, 7 Juni 2024.

Berdasarkan data RTI Business yang dipantau Holopis.com pada pukul 09.15 WIB, indeks acuan bursa saham Indonesia itu naik tipis sebesar 0,22 persen atau 15,56 poin menjadi 6.990,46.

Namun sebelum berada di level tersebut, IHSG sempat berada pada titik yang lebih tinggi di level 6.994,11. Sementara titik terendahnya berada pada level 6.972,62.

Senada dengan IHSG, pergerakan saham di awal perdagangan pagi ini juga tampak didominasi oleh tren positif, dimana sebanyak 234 saham bergerak menanjak. Namun masih ada 129 saham yang bergerak menurun, dan 169 saham lainnya stagnan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Per pagi ini, tercatat sebanyak 1,40 miliar lembar saham telah diperdagangkan, dengan frekuensi transaksi sebanyak 83.129 kali dan nilai transaksinya mencapai Rp 770,56 miliar.

Adapun menurut hasil riset perusahaan berjangka Phintraco Sekuritas, IHSG berpeluang untuk melanjutkan penguatan ke atas level psikologis 7.000 pada penutupan perdagangan saham pekan ini, Jumat 7 Juni 2024.

Penguatan tersebut ditopang oleh arahan positif positif dari mayoritas indeks global dan potensi penguatan nilai tukar mata uang Indonesia, Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

“Penguatan saham-saham bank di Kamis (6/6) sejalan dengan penguatan nilai tukar Rupiah ke Rp 16,255/USD (-0.15%),” tulis Phintraco, Jumat (7/6).

Menurut Phintraco, pemangkasan sukubunga yang dilakukan oleh bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) yang sebesar 25 bps mendorong keberlanjutan penguatan indeks acuan bursa saham di Indonesia tersebut.

Tak hanya itu, perubahan pandangan terhadap arah kebijakan bank sentral AS atau The Federal Reserve (the Fed) juga berpotensi mendorong berlanjutnya kecenderungan penguatan tersebut.

Berdasarkan jajak pendapat CME FedWatch Tools, peluang pemangkasan the Fed Rate di September 2024 berada di 56 persen pada Kamis kemarin. Atas hal itu, nilai tukar Rupiah pun berpeluang melanjutkan penguatan di hari ini.

Dengan demikian, saham bank, terutama bank-bank berkapitalisasi besar, seperti BBCA, BBNI, BBRI dan BMRI dapat kembali diperhatikan pada perdagangan hari ini.

Selain saham – saham bank, pasar juga dapat memperhatikan
peluang rebound lanjutan pada saham ULTJ, INTP dan NCKL pada perdagangan menjelang akhir pekan ini.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS