Basuki Ngamuk Pemerintah Dituding Rampas Tanah IKN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono buka suara soal tudingan sejumlah pihak yang menyebut pemerintah merampas tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Basuki pun memastikan, tidak ada perampasan tanah milik masyarakat oleh pemerintah untuk kepentingan pembangunan megaproyek di Kalimantan Timur tersebut.

“Perampasan apa? Apa itu perampasan? Nggak ada, nggak ada istilah itu. Saya nggak ngerti itu nggak ada istilah perampasan,” ujar Basuki dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (6/6).

Basuki menyatakan, pemerintah sejauh ini telah melakukan berbagai upaya pembebasan lahan dengan sesuai aturan yang ada, tanpa adanya upaya yang sifatnya memaksa atau merampas.

Bahkan, lanjutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan khusus agar semua upaya pembebasan lahan di IKN dilakukan dengan mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Arahannya Pak Presiden itu utamakan kepentingan masyarakat,” tegas Basuki yang kini menjabat sebagai Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) tersebut.

Seperti diketahui, bahwa saat ini terdapat 2.086 hektare lahan di IKN yang masih terganjal permasalahan pembebasan dari masyarakat.

Basuki sebelumnya menyebut, ada potensi Otorita IKN akan memindahkan proyek dari tanah yang bermasalah dengan warga. Namun penyelesaian masalah tetap menjadi prioritas agar proyek tetap berjalan sesuai rencana awal.

“Tadi arahan presiden yang tentang 2.086 hektare lahan itu sudah ada sudah pernah dilakukan sebelumnya di proyek lain dengan PDSK plus. Tapi itu harus kita laksanakan segera,” beber Basuki, Senin (3/6) lalu.

“Arahan bapak presiden selesaikan dengan sebaik-baiknya kalau bisa diselesaikan dengan tetap di situ pembangunan oke, atau IKN yang akan ngalah,” sambungnya.

Basuki mengatakan, arahan Jokowi sudah jelas untuk mengutamakan kepentingan masyarakat. Sehingga keputusan terkait berlanjutnya proyek pembangunan IKN di Tanah permasalahan akan dikembalikan kepada masyarakat.

“Belum tentu (masyarakat digusur). Tergantung nanti penyelesaiannya, kalau PDSK mereka terima ya tetap kita berikan warga, kalau tidak bisa nanti IKN yang akan mengalihkan. Kepentingan warga harus diutamakan,” jelas Basuki.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Ogah Buru-Buru Pindah ke IKN, Jokowi : Masa Sidang Kabinet Lesehan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) belum bisa memastikan kapan dirinya akan memenuhi janji untuk berkantor di IKN (Ibu Kota Nusantara).

Jokowi Jajal Berkantor di IKN, Tapi Cuma Sebentar

Presiden Jokowi (Joko Widodo) direncanakan akan mulai berkantor di IKN sesuai dengan janji sebelumnya.

Menteri PUPR Sebut Air di IKN Bisa Langsung Diminum dari Keran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, bahwa kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah teraliri oleh air bersih.

Akhirnya, Pembangunan Kantor Presiden di IKN Rampung!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan, bahwa pembangunan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah rampung, yang ditandai dengan pemasangan bilah terakhir Garuda di bangunan tersebut.

Jokowi Tawarkan IKN ke Presiden MBZ

Presiden Jokowi (Joko Widodo) membocorkan dua poin penting yang menjadi pembahasan saat dirinya bertemu Presiden PEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...