Senin, 17 Juni 2024
BerandaNewsHajiKemenag Imbau Jemaah Haji Nggak Sembarangan Keluyuran

Kemenag Imbau Jemaah Haji Nggak Sembarangan Keluyuran

Edaran ini diterbitkan seiring dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang semakin memperketat pemeriksaan di check point pintu masuk Kota Makkah.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengeluarkan Surat Edaran ditujukan kepada jemaah yang telah berada di Makkah maupun yang akan tiba untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota perhajian menjelang puncak haji.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Edaran ini diterbitkan seiring dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang semakin memperketat pemeriksaan di check point pintu masuk Kota Makkah.

“Karenanya, demi keselamatan dan kenyamanan jemaah, PPIH melalui perangkat kloter, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan petugas lainnya mengimbau jemaah agar tidak keluar Kota Makkah sebelum puncak haji,” terang Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda dalam keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (5/6) seperti dikutip Holopis.com.

“Jemaah yang melaksanakan ziarah ke luar kota perhajian dikhawatirkan akan mendapatkan kendala saat masuk kembali ke Kota Makkah karena pemeriksaan ketat di check point pintu masuk kota,” sambungnya.

- Advertisement -

Selain itu, lanjut Widi, ketika ke luar hotel atau ke Masjidil Haram, jemaah agar senantiasa membawa identitas pengenal berupa smart card, gelang identitas atau paspor, sehingga ketika ada pemeriksaan oleh aparat Saudi, dapat menunjukkan identitas lengkapnya, terutama ketika jemaah terpisah dari rombongan.

“Mengingat cuaca panas, saat ke luar hotel, jemaah agar selalu mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa topi lebar, payung atau kaca mata hitam untuk menghindari sinar UV matahari, membawa air minum agar tidak dehidrasi,” ucap dia.

Hingga Selasa, 04 Juni 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (Was) atau Rabu, 05 Juni 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 178.324 orang yang terbagi dalam 454 kelompok terbang.

“Jemaah yang wafat berjumlah 43 orang, dengan rincian, wafat di Embarkasi 3 orang, di Madinah 16 orang, di Makkah 22 orang, dan di Bandara 2 orang. Seluruh jemaah wafat akan dibadalhajikan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Ribuan Jemaah Haji Indonesia dari Muzdalifah Menuju Mina

HOLOPIS.COM, MINA - Seluruh jemaah haji Indonesia telah diberangkatkan menuju Mina. Mobilisasi yang rampung pukul 07:37 tersebut dilakukan dengan skema yang matang "Alhamdulillah, pada jam...

Alhamdulillah, Mobilisasi Jemaah di Muzdalifah Rampung Lebih Awal

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Subhan Cholid menyampaikan, bahwa proses mobilisasi jemaah haji Indonesia di Muzdalifah selesai lebih awal dari target.

Catat Jadwal Lontar Jumrah Bagi Jemaah Haji Indonesia

Jemaah haji Indonesia diimbau untuk selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi, termasuk aturan tentang waktu melontar jumrah di Mina.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS