BerandaNewsJokowi Santuy Kepala IKN Mundur, Malah Jadikan Bambang Susantono Utusan Khusus

Jokowi Santuy Kepala IKN Mundur, Malah Jadikan Bambang Susantono Utusan Khusus

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari jabatan Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Nusantara tidak menjadi persoalan serius terhadap proyek strategis nasional di Kalimantan Timur itu.

“Ditanyakan ke Pak Bambang dan Pak Dodhy, karena alasan sangat pribadi,” kata Presiden Jokowi di IKN Nusantara, Kaltim, Rabu (5/6) seperti dikutip Holopis.com.

Namun demikian, Presiden Jokowi menerangkan bahwa dirinya sudah memberikan tugas khusus kepada Bambang Susantono untuk menjadi penyambung lidah percepatan pembangunan IKN Nusantara.

“Untuk pak Bambang Suhartono, juga akan diberikan penugasan baru sebagai utusan khusus untuk kerja sama internasional dalam rangka mempercepat pembangunan IKN,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Hal ini karena menurut Jokowi, mantan Menteri Perhubungan Indonesia di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut memiliki kemampuan pergaulan internasional yang cukup baik.

“Karena pengalaman beliau di internasional harus kita manfaat sebesar-sebesar untuk kebaikan negara kita,” sambungnya.

Bambang dan Dhony dilantik sebagai Kepala Badan Otorita IKN dan Wakil Badan Otorita IKN per 10 Maret 2022. Pengangkatan keduanya berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara. Sayangnya, keduanya pun kompak mengundurkan diri per 3 Juni 2024. Dan pengunduran diri keduanya pun telah dikabulkan oleh Presiden.

“Hari ini (3/6) telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala OIKN seiring pengunduran diri yang telah saya terima,” kata Jokowi, Senin (3/6).

Pun demikian, Presiden Jokowi pun langsung melakukan langkah cepat untuk memastikan tidak adanya kekosongan jabatan, karena progres IKN masih berlanjut. Sehingga ditunjuklah dua orang untuk menggantikan posisi kedua orang tersebut.

“Pembangunan IKN akan terus berlanjut sesuai visi bersama yang telah ditetapkan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni akan menjalankan kewajiban sebagai Pelaksana Tugas (Plt.),” jelasnya.

Basuki Hadimuljono dan Raja Juli Antoni akan menduduki jabatan tersebut sampai nantinya ada pengganti definitif.

“Kepala dan Wakil Kepala OIKN, hingga ditunjuknya Kepala dan Wakil Kepala OIKN definitif sesuai perundang-undangan, agar program-program percepatan pembangunan IKN tetap terjamin,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Zulhas Sebut Bea Masuk 200% Bakal Sasar Produk Tekstil hingga Teknologi Asal China

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan memberikan perkembangan terkait rencana pemerintah menerapkan tarif bea masuk untuk produk-produk asal China hingga 200%.

Pemerataan Akses Energi Penting Sentuh Daerah 3 T

Langkah pemerintah dalam memberikan akses energi yang merata dan terjangkau untuk seluruh masyarakat di semua wilayah di Indonesia wajib terus dilakukan.

Sah! PKB Resmi Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut

PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) secara resmi memberikan dukungan kepada Bobby Nasution untuk maju di Pilkada Sumatera Utara.

CCTV : Sekelompok Pemuda Bikin Onar di Ambon, Mobil Lewat Dilempar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Terekam kamera CCTV, sekelompok pemuda terlihat melakukan pengerusakan di sebuah tempat penjualan bensin, bahkan seluruh pelaku yang ada juga melempari kendaraan...

Mau Ketemu Kim Ji Won di Jakarta? Harus Rogoh Kocek Segini…

Aktris Korea Selatan, Kim Ji Won akan hadir di Indonesia untuk menjumpai para penggemarnya. Kabar itu diumumkan pada promotor Virgo Creative Entertainment di akun Instagram mereka @virgoenterteinment.id.

Pemkot Bekasi Cairkan Dana Pengamanan Pilkada 2024

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi resmi mencairkan dana hibah pengamanan kepada TNI dan Polri yang nantinya akan bertugas pada pelaksanaan Pilkada 27 November...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS