Categories: Ragam

Damai, Jakpro Rekolasi Warga Eks Kampung Bayam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Eks Warga Kampung Bayam Kelurahan Papanggo Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sepakat untuk berdamai. Kesepakatan tersebut tertuang karena adanya mediasi dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Komisioner Mediasi Komnas HAM Prabianto Mukti Wibowo menyampaikan, bahwa mediasi antar kedua belah pihak berlangsung sebanyak dua kali, yakni ; pada 30 Mei dan 3 Juni 2024 kemarin.

Mediasi tersebut dihadiri oleh Paguyuban Warga Kelompok Tani Kampung Bayam Madani (PWKTKBM), PT Jakarta Propertindo (Perseroda), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Meski pembahasan sempat berjalan alot akhirnya kedua belah pihak sepakat berdamai. Eks warga Kampung Bayam dan Jakpro juga menandatangani kesepakatan damai di atas kertas dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Prabianto dalam keterangannya, Selasa (5/6) seperti dikutip Holopis.com.

Dalam kesepakatan itu, eks warga Kampung Bayam bersedia untuk direlokasi ke rusun lain yang telah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Tidak hanya itu saja, JakPro dan pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sepakat bahwa para warga pun akan diberikan pelatihan kerja.

“Jakpro berkomitmen untuk membantu warga dengan memberikan pelatihan, kesempatan kerja bagi yang memenuhi persyaratan. Para pihak sepakat membangun komunikasi dan menjaga situasi kondusif di lapangan,” imbuhnya.

Prabianto Mukti Wibowo juga menyampaikan, bahwa pelatihan yang disediakan oleh Jakpro untuk warga eks Kampung Bayam tersebut merupakan pelatihan keterampilan yang mendukung kegiatan Jakpro maupun JIS (Jakarta International Stadium). Mulai dari agro industri dan kegiatan penunjang lainnya.

“Seperti pelatihan keterampilan ekonomi produktif, termasuk agro industri dan bidang lain yang diminati serta sesuai dengan jenis pekerjaan yang mendukung kegiatan Jakpro atau JIS,” pungkas Prabianto.

Wuri Setyaningsih

Share
Published by
Wuri Setyaningsih

Recent Posts

KPU Ogah Minta Maaf Untuk Skandal Seksual Hasyim Asyari

KPU RI memastikan bahwa pihaknya tidak akan mengajukan permintaan maaf kepada publik atas kasus pelecehan…

6 menit ago

Apresiasi Densus 88, Gus Najih : Pembubaran JI Jadi Peristiwa Paling Bersejarah

Pengamat Politik Timur Tengah, Muhammad Najih Arromadloni alias Gus Najih mengapresiasi Densus 88 Polri atas…

1 jam ago

Islah Bahrawi Apresiasi Densus 88 Usai JI Taubat : Sangat Bersejarah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia (JMI) Islah Bahrawi mengapresiasi Densus 88 Anti…

2 jam ago

Scaloni : Messi Main Bagus kok

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pelatih Lionel Scaloni menilai bahwa, sejatinya Lionel Messi tampil baik saat membela…

3 jam ago

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan.…

3 jam ago

Survei di Jember, Faida Muncul dengan Elektabilitas Tertinggi

"Survei dengan simulasi tertutup terhadap bakal Cabup Jember 7 nama. Elektabilitas Faida di angka 37,2%.…

4 jam ago