BerandaNewsOlahragaLiga Champions Terapkan Format Baru Musim Depan, Begini

Liga Champions Terapkan Format Baru Musim Depan, Begini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Liga Champions siap menerapkan format baru dalam kompetisinya dan akan berlaku mulai musim depan.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Liga Champions merupakan kompetisi paling prestisius untuk tingkat klub di Benua Biru, dimana setiap tim top berlomba-lomba untuk bisa bermain di turnamen tersebut dengan berusaha mencapai empat besar di level kompetisi domestik.

Dalam kompetisi Liga Champions musim 2023/2024, masih memainkan format lama. Real Madrid keluar sebagai juaranya dengan sukses mengandaskan perlawanan Borussia Dortmund dengan skor 2-0 tanpa balas.

Pencapaian itu jadi trofi ke-15 Real Madrid di Liga Champions, dan jadi titel ke-6 yang berhasil dimenangkan wakil Liga Spanyol sejak tahun 2014 silam.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam formatnya sendiri, sebanyak 32 tim masih terbagi ke delapan grup, dengan di dalamnya terdapat empat tim. Lalu di babak 16 besar, sebanyak 16 tim bermain memperebutkan satu tiket ke perempat final. 16 tim itu terbagi dari delapan tim berpredikat juara grup dan delapan tim runner-up grup.

Sampai di fase gugur itu lah, setiap tim memainkan laga home dan away hingga mencapai babak semifinal. Kemudian partai final hanya berlangsung sekali saja.

Sedangkan di kompetisi Liga Champions musim 2024/2025 nanti, akan ada perubahan format turnamen, dimana Liga Champions akan menerapkan sistem liga utuh alias tidak memainkan sistem grup.

Menariknya, akan ada penambahan jumlah peserta yakni hingga 36 tim, dimana setiap timnya akan bermain sebanyak delapan pertandingan dengan tim yang berbeda-beda dan ada sistem home dan away secara langsung di fase tersebut.

Dalam format klasemen itu, akan tersaring sebanyak delapan tim teratas yang akan lolos ke babak 16 besar, di sisi lain tim berperingkat sembilan hingga 24 masih belum lah gugur, mereka masih berkesempatan meraih delapan tiket sisa ke 16 besar melalui jalur playoff yang juga digelar dalam sistem home dan away.

Kemudian tim yang gugur selepas babak playoff, langsung gugur di kompetisi Eropa. Mengingat sebelumnya, tim berperingkat tiga masih akan bermain di kompetisi Eropa, dalam hal ini Liga Europa, untuk musim depan berbeda.

Sementara itu, mulai dari babak 16 besar hingga semifinal masih menerapkan format pertandingan yang sama dengan sistem home dan away, dengan babak final sekali pertandingan di tempat netral.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Darren/Bernadine Gagal Juara Badminton Asia Junior Championship 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ganda campuran Indonesia yakni Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana gagal menjuarai Badminton Asia Junior Championship 2024, usai kandas di babak final. Sebelum itu,...

Erick Thohir Ingin Indonesia Gebuk Balik Australia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memotivasi para pemain Timnas U-16 Indonesia untuk kembali mengalahkan Australia di berbagai ajang. Hal tersebut diungkapkan Erick...

Kemendikbudristek Apresiasi Capaian Indonesia di ASEAN University Games 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi penampilan Kontingen Mahasiswa Indonesia yang telah memberikan prestasi membanggakan di 21st ASEAN University...

ASEAN University Games 2024 : Panahan Ikut Sumbang 7 Emas untuk Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) panahan berhasil menyumbangkan sebanyak tujuh medali emas untuk Indonesia di 21st ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang. Srikandi Merah Putih...

ASEAN University Games 2024 : Karate Sumbang 10 Medali Emas!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) karate berhasil menjadi juara umum di 21st ASEAn University Games 2024 (AUG 2024) Surabaya-Malang, dengan sukses mengemas 10...

Daftar Tim Lolos ke Semifinal Copa America 2024 : Kolombia dan Uruguay Terbaru

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kolombia dan Uruguay jadi dua tim terbaru yang berhasil melangkah ke semifinal Copa America 2024. Pencapaian itu didapat usai keduanya mampu...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS