BerandaNewsRagamPrabowo Harap Hasil Panen di Gunung Kidul Makin Meningkat

Prabowo Harap Hasil Panen di Gunung Kidul Makin Meningkat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meninjau progress pembangunan pipa air bersih di Kalurahan Banyusoco, Playen, Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Peninjauan itu sendiri dilakukan oleh Prabowo Subianto untuk melakukan pemetaan manfaat pemasangan pipa air bersih dari Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan tersebut.

Prabowo Subianto yang didampingi Bupati Gunungkidul Sunaryanta itu melihat secara langsung daerah-daerah yang berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Dimana sebagian besar diketahui telah mengalami kekeringan dan susah mengakses air selama beberapa bulan terakhir, terutama saat musim kemarau. Namun, saat ini para warga telah mendapatkan bantuan pipa yang digunakan untuk pengairan pertanian.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Berarti masyarakat bisa panen tiga kali yang sebelumnya hanya satu kali (setahun),” ucap Prabowo Subianto seperti dikutip Holopis.com, Senin (3/6).

“Dengan program ini bisa tiga kali panen. Ini airnya bisa 15 liter per detik, jadi untuk mengaliri semua 82 tandon,” jawab Rektor Unhan RI.

Sumber titik air di Kalurahan Banyusoco berasal dari gua yang berada di wilayah tersebut. Saat ini sedang dikerjakan 16 titik sumber air bersih di Gua, yang dapat mengairi lahan pertanian sekitar 7.400 hektar.

Satu titik mata air gua dapat mengairi sekitar 1.000 ha, 700 ha, dan yang paling rendah 200 ha lahan pertanian.

Sepanjang tahun 2023, Satgas Air Unhan RI telah menemukan sumber air dan membangun instalasi air bersih di lebih 130 lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Nusa Tenggara Barat (NTB), Yogyakarta, Jawa Barat, Maluku Barat Daya, dan Banten.

Sebelumnya, tahun lalu dibulan Agustus 2023, Menhan Prabowo juga telah meresmikan 11 titik sumber air bersih di Gunungkidul dan Bantul, DIY.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.

Lima Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS