BerandaNewsEkobizMenteri Basuki Pede Kepercayaan Investor Tak Akan Luntur Meski Petinggi OIKN Mundur

Menteri Basuki Pede Kepercayaan Investor Tak Akan Luntur Meski Petinggi OIKN Mundur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Publik dihebohkan dengan kabar mundurnya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Mundurnnya Bambang sebagai pimpinan tertinggi di IKN juga diikuti oleh wakilnya, Dhony Rahajoe.

Atas hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono berharap kabar mundurnya kedua petinggi di IKN tersebut tidak melunturkan kepercayaan investor.

Menteri Basuki yang saat ini ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) itu pun mengaku optimis, kepercayaan investor akan semakin tinggi lantaran dirinyalah yang menggantikan peran Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita.

“Tapi saya kira enggak ada masalah. Mudah-mudahan justru mempertinggi kepercayaan karena yang menggantikan menteri dan wakil menteri,” kata Basuki dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (3/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Basuki lantas menjelaskan, bahwa tugas Plt Kepala Otorita IKN tidak ada bedanya dengan tugas yang selama ini diemban oleh Bambang Susantono selaku pejabat sebelumnya.

Dia pun menilai, penunjukan dirinya sebagai Plt. Kepala Otorita IKN tidak mengurangi kepercayaan investor terhadap keberlanjutan pembangunan IKN.

Adapun saat ini, lanjutnya, progres pembangunan IKN sudah mencapai 80 persen untuk tahap 1 dan 2 dengan penggunaan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang rencananya akan melakukan peletakan batu pertama sejumlah fasilitas pada Senin hingga Rabu (5/6) mendatang tidak lagi bermalam di area camping, melainkan di rumah menteri di IKN yang sudah rampung dibangun.

“Nanti Presiden mau ke IKN, jadi nginepnya bukan di camping lagi tapi sudah di rumah jabatan menteri, menunjukkan bahwa ini sudah siap. Itu yang dari APBN,” kata Basuki.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Bambang Susantono dipastikan mundur dari jabatannya sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara.

Belakang diketahui, ternyata Bambang mengundurkan diri setelah sebelumnya Wakil Kepala OIKN, Dhony Raharjo mengundurkan diri terlebih dahulu.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan, beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah menerima surat pengunduran diri dari Dhony, disusul oleh surat pengunduran diri Bambang.

“Beberapa waktu lalu Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Wakil Kepala Otorita IKN, Pak Dhony Rahajoe. Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono,” kata Pratikno dalam, Senin (3/6).

Sementara untuk Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala OIKN yang baru, Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yaitu Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang / Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Raja Juli Antoni sebagai wakil kepala OIKN.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS