Categories: Ragam

Khasiat Anggur Hijau, Nomor 4 Banyak yang Belum Tahu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggur hijau dengan keindahan warnanya yang menawan dan rasa manisnya yang memikat, tidak hanya menjadi camilan yang lezat tetapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Meskipun ukurannya kecil, ternyata buah ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Mulai dari kaya akan antioksidan, hingga khasiat yang belum belum banyak orang mengetahuinya.

Ini dia khasiat buah anggur hijau yang jangan sampai terlewatkan.

1. Kaya akan Antioksidan

Anggur hijau dikenal mengandung banyak antioksidan, terutama flavonoid dan resveratrol. Antioksidan ini berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Mengkonsumsi anggur hijau secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh Sobat Holopis.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dalam anggur hijau memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Flavonoid dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan memperkuat dinding pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, resveratrol dalam anggur hijau telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol LDL (“jahat”) dan peningkatan kadar kolesterol HDL (“baik”), yang merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam anggur hijau membuatnya menjadi makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk elastisitas dan kekenyalan kulit, sementara vitamin E memiliki efek anti-penuaan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan.

4. Menyehatkan Otak

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi anggur hijau dapat bermanfaat bagi kesehatan otak. Kandungan resveratrol dalam anggur hijau telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif dan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson. Antioksidan lainnya dalam anggur hijau juga dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat stres oksidatif.

5. Membantu Pencernaan

Anggur hijau mengandung serat diet yang baik untuk pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mempromosikan gerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Selain itu, anggur hijau juga mengandung senyawa seperti asam tartarat, yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti sakit perut dan mulas.

Sobat Holois sudah makan anggur belum hari ini?

Darin Brenda Iskarina

Share
Published by
Darin Brenda Iskarina
Tags: Buah

Recent Posts

Manfaat Shalat Tahajud: Kebiasaan yang Mengubah Hidup

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Shalat ini memiliki…

49 menit ago

Aparat Tembak Mati Teroris Papua

Aparat gabungan TNI Polri melakukan penyerbuan markas teroris Papua di Topo, Nabire.

2 jam ago

PSI Tawarkan Koalisi di Pilkada Jakarta, PKS : Paketnya Sesuai Arahan Presiden!

PKS mengaku terbuka dengan tawaran PSI untuk berkoalisi di Pilkada Jakarta 2024.

2 jam ago

Mahfud MD Sarankan Semua Komisioner KPU Mundur

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD menyarankan agar semua komisioner KPU RI saat ini agar mengundurkan…

3 jam ago

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

5 jam ago

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh…

5 jam ago