BerandaNewsMiliterTNI AL Kerahkan KRI Martadinata Ikut Latihan Perang di Hawai

TNI AL Kerahkan KRI Martadinata Ikut Latihan Perang di Hawai

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI AL secara resmi memberangkatkan KRI Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331) untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim Of Pacific (Rimpac) di Oahu Hawai.

Pengerahan jajaran Komando Armada II itu dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kerja sama multilateral angkatan bersenjata di Matra laut.

Upacara apel gelar pasukan dan pelepasan KRI REM-331 dipimpin langsung oleh Panglima Koarmada RI Laksamana Madya TNI Denih Hendrata, didampingi Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Jumat (31/5).

Denih Hendrata kemudian menyampaikan bahwa latihan bersama Multilateral Rim Of Pacific (RIMPAC) merupakan latihan multilateral maritim gabungan skala besar yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dimana latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, kemampuan tempur dan kerja sama militer dengan negara sahabat. Diharapkan juga dari latihan tersebut untuk meningkatkan eksistensi TNI Angkatan Laut dalam hubungan militer internasional.

“Keikutsertaan KRI REM-331 di Latma Rimpac 2024, merupakan andil TNI Angkatan Laut dalam rangka berpartisipasi aktif pada latihan mulltinasional yang sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” kata Hendra dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Latihan Angkatan Laut yang diselenggarakan US Navy ini, akan melibatkan 30 negara diantaranya Australia, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Filipina, India, Indonesia, Inggris, Jerman, Malaysia, Jepang, Prancis, Singapura, Belgia, Colombia, New Zealand, Brunei Darussalam, Belanda, Tonga, Thailand, Chili, Polandia, Inggris, Peru, Srilanka, Pakistan, Canada, Mexico, Italia, dan Korea Selatan.

Dibawah komando Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja Saputra, akan melaksanakan Latma Rimpac selama 85 hari dimulai tanggal 31 Mei s.d. 2 Agustus 2024, dan berlayar melewati rute Surabaya-Bitung-Guam-Hawai, dengan membawa 183 Anak Buah Kapal (ABK), Kopaska dan Marinir.

KRI R.E. Martadinata-331 nantinya akan melaksanakan pembukaan di Oahu Hawai, pada tanggal 27 Juni 2024, dilanjutkan dengan Harbour Phase, Force Integration Training Phase, Pause Ops and Tactical Phase. Sedangkan pada tahap pengakhiran akan dilaksanakan penutupan Latma Rimpac pada tanggal 2 Agustus 2024 di Pearl Harbour.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

KSAL Puji Keberhasilan Kolinlamil Jaga Keamanan Laut Indonesia

KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana TNI Muhammad Ali memuji kinerja Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam menjaga perairan Indonesia.

Anak Prajurit TNI AU Raih Emas di Olimpiade Matematika Nasional

Kabar gembira datang dari keluarga besar TNI AU (Angkatan Udara). Pasalnya, anak dari salah satu prajurit TNI AU berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Matematika tingkat nasional.

TNI AL Amankan Imigran Gelap di Sukabumi

TNI AL (Angkatan Laut) mengamankan puluhan warga asing yang merupakan imigran gelap di pantai Keusik Urug Muara Cikaso, Desa Buniasih, Kec. Tegalbulet, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

KSAU Intip Pengoperasian Pesawat Nirawak Istanbul

KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal Tonny Harjono bersama rombongan mengunjungi Baykar Technology di Istanbul.

TNI AL Amankan 39 Pekerja Migran Ilegal Ilegal yang Bakal Dikirim ke Malaysia

TNI AL (Angkatan Laut) melalui Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) bersama tim gabungan dari Kanwil DJBC Sumut, KPPBC TMP C Teluk Nibung, dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai kembali berhasil menggagalkan pengiriman 39 pekerja migran illegal.

TNI AL Bongkar Penyelundupan Pekerja Migran Ilegal di Karimun

TNI AL melalui Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) dalam hal ini Posal Takong Iyu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pekerja migran illegal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS