BerandaNewsKesehatanCara Jitu Rawat Kulit Kering, Salah Satunya Lakukan Eksfoliasi

Cara Jitu Rawat Kulit Kering, Salah Satunya Lakukan Eksfoliasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memiliki kulit kering jelas sangat mengganggu penampilan, dimana kemunculan kulit kering itu sendiri ditandai dengan permukaan kulit yang kasar, pecah-pecah bahkan ada yang hingga mudah terkelupas.

Banyak yang menyebabkan kulit bisa mengering, seperti al nya karena paparan sinar matahari, mandi terlalu lama hingga menggunakan produk perawatan kulit yang kurang tepat.

Berikut ini cara paling jitu merawat kulit kering, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

1. Hindari Mandi dengan Air yang Panasnya Berlebihan

Penerbit Iklan Google Adsense

Mandi dengan air yang terlalu panas bisa menyebabkan kulit kering. Memang betul bahwa mandi air hangat/panas memiliki banyak manfaat, namun harus dibatasi dengan waktu.

Batasi mandi air hangat sekitar 5–10 menit saja. Setelah selesai mandi, keringkan tubuh menggunakan handuk berbahan lembut dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Hindari menggosok handuk terlalu keras pada kulit, karena bisa membuat kulit semakin kering.

2. Gunakan Sabun Berbahan Lembut

Hindari penggunaan sabun yang berbahan keras, sebisa mungkin gunakan sabun mandi yang berbahan lembut, yang berbahan dasar minyak, karena tidak akan merusak kulit

3. Gunakan Tabir Surya dan Pelembap

Penggunaan pelembap jadi salah satu cara jitu mengatasi kulit kering, pilihlah pelembap dengan kandungan ceramide yang dapat meredakan kulit kering, serta asam hialuronat, gliserin, dan urea yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, pelembap dengan kandungan lanolin dan petroleum jelly juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Tak hanya pelembap, Anda juga dianjurkan untuk mengoleskan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4. Lakukan Perawatan Malam Hari

Perawatan kulit sejatinya tidak hanya dilakukan ketika siang hari saja, namun juga pada malam hari, sebaiknya sebelum tidur. Sobat Holopis sekalian bisa menggunakan make up remover untuk menghilangkan sisa make up dan kotoran.

5. Lindungi Kulit dari Udara Dingin

Udara yang dingin dapat mengurangi kelembapan kulit dan membuatnya menjadi kering. Oleh karena itu, lindungi kulit tubuh dari paparan udara dingin dengan menggunakan pakaian tertutup dan pelembap kulit.

6. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi memiliki tujuan untuk mengangkat kulit mati. Dengan demikian, pelembap dapat meresap lebih baik. Lakukan eksfoliasi cukup satu kali seminggu saja, karena terlalu sering melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit iritasi.

Saat melakukan eksfoliasi, hindari produk scrub dengan bulir yang kasar. Cobalah scrub yang mengandung enzim papain, karena bahan tersebut lebih lembut dan aman digunakan untuk pengelupasan.

7. Nutrisi Kulit dari Dalam

Nutrisi penting untuk kulit juga bisa diperoleh melalui konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3. Makanan yang kaya antioksidan, seperti bluberi, wortel, tomat, dan kacang polong, diketahui dapat meminimalkan kerusakan sel kulit akibat racun dan merangsang pembentukan sel baru yang sehat.

Sedangkan makanan yang kaya asam lemak omega-3, seper ikan salmon, dapat bisa membuat kulit menjadi lebih cerah.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS