BerandaNewsEkobizIHSG Berpotensi Tertekan Imbas Capital Outflow yang Masih Deras

IHSG Berpotensi Tertekan Imbas Capital Outflow yang Masih Deras

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang untuk mengalami penurunan kembali pada perdagangan hari ini, Kamis 30 Mei 2024, hingga ke area support 7.080 – 7.100.

“IHSG rawan mengalami pelemahan lanjutan di Kamis,” tulis Phintraco Sekuritas dalam rilis hasil analisisnya, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (30/5).

Secara teknikal, pelemahan IHSG pada perdagangan Rabu (29/5) kemarin yang sebesar 113 poin atau 1,56 persen ke posisi7.140 menutup peluang pembentukan golden cross pada kategori MACD.

Phintraco pun melihat, terdapat sejumlah sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG pada hari ini, dimana salah satunya adanya revisi pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang memicu arus modal keluar atau capital outflow di pasar saham Indonesia.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok menjadi 5 persen dari 4.6 persen di 2024 oleh IMF (Dana Moneter Internasional) terindikasi turut memicu capital outflow dari pasar modal Indonesia,” tulis Phintraco lagi.

Phintraco melihat, aliran modal asing keluar atau net sell investor asing di pasar reguler mencapai Rp1 triliun pada perdagangan Rabu kemarin. Sementara akumulasi net sell investor asing di pekan ini mencapai Rp5 triliun.

“Sejalan dengan kondisi tersebut, nilai tukar Rupiah melemah 0.44 persen
ke Rp16,155/USD di Rabu (29/5) sore,” tulisnya lagi.

Phintraco pun memprediksi, peluang penguatan kembali secara teknikal atau technical rebound dapat terjadi di akhir pekan ini, Jumat (31/5), pasca rilis data pertumbuhan ekonomi AS, dimana ekonomi AS pada kuartal pertama diperkirakan tumbuh melambat di 1,3 persen qoq.

“Data ini berpotensi membangun spekulasi bahwa the Fed akan tetap menjaga peluang pemangkasan di September 2024,” tandas Phintraco.

Dari berbagai sentimen tersebut, Phintraco merekomendasikan sejumlah saham sebagai top picks pada perdagangan hari ini. Sejumlah saham tersebut meliputi MNCN, BRMS, ACES, INDF, PGEO dan ISAT.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS